Jum'at, 15 November 2019

Tak Boleh Diabaikan, Ini Dampak Polusi pada Wajah dan Cara Mengatasinya

Polusi dapat menyebabkan dehidrasi, warna kulit tidak merata, percepatan penuaan, dan hiperpigmentasi.

Vika Widiastuti
Ilustrasi wajah. (pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi wajah. (pixabay/Engin_Akyurt)

Himedik.com - Polusi yang kerap mencemari udara tak hanya berdampak buruk pagi kesehatan, khusunya paru-paru, tetapi juga berdampak pada kulit

Rachel Saunders, ahli kulit dari Biocell, mengungkap bahwa polusi di tempat Anda tinggal mungkin menjadi alasan kenapa kulit Anda terlihat kusam dan buruk.

Lebih lanjut dia menjelaskan, paparan harian terhadap polusi dapat menyebabkan dehidrasi, warna kulit tidak merata, percepatan penuaan, dan hiperpigmentasi.

"Kurang dari dua setengah mikron, partikel polusi dapat menembus ke epidermis dan mempercepat kerusakan sel ketika kulit dibiarkan tidak terlindungi," ujar dia.

Bahkan, kata Rachel, penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang tinggal di kota-kota yang sangat tercemar udaranya, memiliki usia 10 persen lebih pendek daripada mereka yang tinggal di pedesaan. Karena polusi tidak hanya dapat menyebabkan masalah kulit, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan pernapasan Anda.

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi polusi tidak hanya berdampak bagi kesehatan paru, tetapi juga kesehatan kulit. (Shutterstock)

Lantas, perlukah kita menggunakan perawatan wajah anti polusi yang saat ini banyak beredar luas di pasaran? Rachel mengungkap, bahwa perawatan kulit anti polusi biasanya dikemas dengan antioksidan yang memiliki pertahanan luar biasa, karena tidak seperti molekul normal, mereka mampu berinteraksi dengan radikal bebas dengan aman dan menangkal efek berbahaya sebelum sel-sel vital rusak.

"Hasilnya dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit, namun antioksidan sangat efektif dan juga harus diambil sebagai tindakan pencegahan. Hasil juga tergantung pada frekuensi penggunaan, namun dimungkinkan untuk melihat penampilan kulit yang lebih baik dalam sekali pakai," ujar dia.

Hal utama lain yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit Anda dari polusi adalah memastikan bahwa Anda membersihkan secara menyeluruh pada pagi dan malam hari. Minum banyak air tidak akan mengubah tingkat polusi kulit Anda, tetapi itu membantu dengan kualitas kulit Anda dan kesehatan Anda.

Serta yang wajib dan jangan sampai terlewat adalah mengenakan SPF tinggi di wajah Anda setiap hari. Ya, inilah pilihan satu-satunya jika Anda tinggal di kota besar, kata Rachel.

(Suara.com/Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini