Wanita

Bintil-Bintil Putih di Wajah Kerap Mengganggu? Hilangkan dengan Cara Ini!

Ada beberapa cara untuk menghilangkan milia dari kulit khususnya wajah yang bisa kamu praktikkan.

Vika Widiastuti

Tips hilangkan bintil-bintil putih di wajah. (Shutterstock)
Tips hilangkan bintil-bintil putih di wajah. (Shutterstock)

Himedik.com - Kerap mengalami bintil-bintil putih menyerupai jerawat di kulit wajah? Bintil-bintil putih yang kerap menganggu penampilan tersebut disebut milia

Milia atau bintil-bintil kecil berwarna putih yang sering muncul di sekitar hidung, pipi atas atau bawah mata, dan dagu. Kondisi ini sering dikira jerawat, padahal berbeda. Dilansir dari Health Line, sebuah kelompok riset medis di Rochester, Minnesota, mengungkapkan bahwa bintil putih di kulit ini muncul saat serpihan kulit mati terjebak di bawah permukaan kulit.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan milia dari kulit khususnya wajah yang bisa kamu praktikkan, yaitu:

1. Rutin membersihkan wajah

Membersihkan wajah adalah rutinitas yang wajib dilakukan agar kulit tetap bersih, bukan hanya saat milia muncul. Pastikan untuk mencuci muka dengan sabun atau pembersih wajah tanpa kandungan paraben setiap hari.

Dilansir Hello Sehat dari Live Strong, produk pembersih yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, dan asam glikolat dapat membantu mengatasi kondisi kulit apapun akibat pertumbuhan sel-sel kulit berlebihan dan membantu menarik kotoran yang terjebak di pori-pori. Ini membuat bintik putih kecil di kulit menjadi mengecil dan akhirnya lebih cepat hilang.

Selain produk pembersih, cara membersihkan kulit juga perlu diperhatikan. Oleskan pembersih wajah pada kulit, kemudian pijit lembut dan bilas dengan air bersih. Setelah itu, tepuk pelan kulit Anda supaya kering untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

Setelah kulit dibersihkan, berendam dengan air hangat akan membuka pori-pori kulit, termasuk kulit wajah. Ini akan membantu melepaskan serpihan kulit mati atau kotoran lainnya yang terjebak di bawah permukaan kulit. Biarkan tubuh Anda rileks selama 5 sampai 8 menit, kemudian bilas dengan air untuk membersihkan sisa kotoran atau kulit mati yang telah dikeluarkan.

Ilustrasi membersihkan wajah (Pixabay/chezbeate)
Ilustrasi membersihkan wajah (Pixabay/chezbeate)

2. Melakukan eksfoliasi wajah

Eksfoliasi adalah teknik perawatan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Teknik ini bisa membantu kulit bebas dari iritan yang menyebabkan milia. Salah satunya menjaga agar keratin di kulit tidak dihasilkan secara berlebihan.

Tak perlu repot pergi di salon kecantikan kok, eksfoliasi bisa Anda lakukan di rumah. Siapkan bahan-bahan eksfoliasi yang ringan, contohnya scrub gula atau campuran gula merah dengan minyak zaitun. Teknik ini bisa diterapkan hanya pada area wajah yang terdapat milia atau bisa juga seluruh permukaan wajah.

Basahi kulit wajah dengan air lalu oleskan sedikit scrub dan gosok secara perlahan selama 20 sampai 30 detik. Bilas dengan air dingin dengan bersih. Lakukan hal ini setidaknya tiga kali dalam seminggu sampai milia hilang.

3. Menggunakan masker madu manuka

Selain eksfoliasi, Anda bisa menggunakan madu manuka pada wajah. Ini membantu mengurangi peradangan akibat bakteri atau iritasi kulit. Sebuah studi menunjukkan bahwa madu yang dicampur dengan kulit kayu manis sangat efektif dalam memerangi bakteri penyebab jerawat. Walaupun milia tidak disebabkan oleh bakteri, campuran ini mampu memperbaiki tampilan permukaan kulit.

Berikut cara menerapkan masker madu manuka pada wajah:

-Campurkan tiga atau empat sendok makan madu manuka dan satu sendok makan kayu manis
-Panaskan selama 30 detik di dalam microwave
-Oleskan lapisan tipis campuran ke wajah, diamkan selama 10 menit, dan bilas hingga bersih

4. Menyemprotkan air mawar

Air mawar adalah air yang mengandung minyak mawar yang bisa menjadi zat antiradang bila dioleskan ke kulit. Semprotkan air mawar pada kulit sebanyak dua atau tiga kali sehari untuk menghilangkan milia di wajah dan kulit.

5. Gunakan krim retinoid dan tabir surya

Krim retinoid topikal bisa menyingkirkan milia karena mengandung vitamin A. Kemudian, gunakan produk yang mengandung retinol sekali dalam sehari. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Tabir surya menyeimbangkan krim retinoid yang peka terhadap kerusakan bila terpapar sinar matahari. Keduanya digunakan untuk meringankan iritasi kulit yang disebabkan oleh bintik putih kecil di kulit.

Tips di atas hanya diperuntukkan bagi remaja dan orang dewasa, bukan untuk bayi. Menjaga kebersihan wajah menjadi kunci untuk menghindari bintik-bintik putih tersebut khususnya bagi remaja dan orang dewasa. Silahkan dicoba. (Suara.com/Silfa Humairah Utami)

Berita Terkait

Berita Terkini