Wanita

Bahayakah Nikita Mirzani Cat Rambutnya Saat Hamil Besar? Ini Kata Dokter

Mewarnai rambut saat hamil seperti Nikita Mirzani tidak akan membahayakan janin asalkan patuhi waktu yang tepat untuk melakukan perawatan.

Dinar Surya Oktarini | Shevinna Putti Anggraeni

Bolehkah mewarnai rambut saat hamil besar seperti Nikita Mirzani? (Sumarni/Suara.com)
Bolehkah mewarnai rambut saat hamil besar seperti Nikita Mirzani? (Sumarni/Suara.com)

Himedik.com - Nikita Mirzani kembali menghebohkan publik dari penampilan terbarunya. Artis kontroversial itu mewarnai rambut di kala hamil anak ketiga karena ingin tampil beda.

"Nggak tahu lagi pengin aja. Kepengin aja," kata Nikita Mirzani dikutip dari Suara.com, Senin (15/4/2019).

Penampilan terbaru Nikita Mirzani itu pun membuat sejumlah orang mengkhawatirkan kehamilannya. Karena mewarnai rambut saat hamil dianggap membahayakan janin di dalam perut.

Nikita Mirzani pun mengaku tak peduli dengan mitos jadul tersebut. Ia mengaku tak takut dan sudah terbiasa gonta-ganti warna rambut ketika hamil.

"Itu mah cuma buat orang kuno, gue nggak. Gue nggak takut, itu pas si Azka (anak keduanya) berapa kali gue cat rambut," katanya.

Ia juga menambahkan keputussannya untuk mewarnai rambut sudah mengantongi izin dari dokter kandungannya.

Nikita Mirzani - (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Nikita Mirzani - (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

"Begini ya, yang penting kandungan di atas enam bulan nggak apa-apa. Kalau di bawah enam bulan nggak boleh," ujarnya.

Meski begitu, para ibu hamil pasti masih banyak yang penasaran mewarnai rambut ketika hamil benar-benar aman bagi janin atau sebaliknya. Melansir dari huffpost.com, sebanyak 4 dokter telah mengatakan mewarnai rambut saat hamil tidak akan menimbulkan masalah pada janin.

Seseorang tak perlu menghentikan aktivitas dan kegemarannya berganti-ganti warna rambut hanya karena sedang hamil.

"Bahan kimia itu tidak akan tertinggal di kulit kepala, lalu menyerap ke aliran darah dan berbahaya bagi pertumbuhan janin. Saran saya hanya pilihlah pewarna rambut yang benar-benar aman," kata Dr. Angela Lamb, direktur Westside Mount Sinai Dermatology Faculty Practice di New York City.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Jennifer MacGregor, seorang dokter kulit di Union Square Laser Dermatology New York bahwa hanya ada sedikit bahan kimia yang menyerap di kulit kepala selama tidak ada luka atau goresan. Karena goresan dan luka itulah yang membantu mempercepat penyerapan bahan kimia di kulit kepala.

Dr. Cynthia Gyamfi-Bannerman pun menjelaskan waktu yang tepat jika ibu hamil ingin mewarnai rambutnya. Ia meminta para ibu hamil untuk melewati trimester pertama jika ingin mewarnai rambutnya.

"Jika anda ingin melakukan perawatan yang menggunakan bahan kimia, sinar ultra-konservatif atau obat-obatan lainnya sebaiknya menunggu setelah trimester pertama. Ibu hamil bisa melalukan segala kesukaannya jika sudah melalui trimester pertama," jelasnya.

Fakta bahwa mewarnai rambut saat hamil tidak berpengaruh pada janin ini juga berlaku jika wanita menyusui ingin mewarnai rambutnya.

Namun, jika ibu hamil masih ragu-ragu dan takut untuk mewarnai rambut, ibu hamil bisa memilih mewarnai rambut menggunakan bahan-bahan organik yang lebih aman tanpa mengkhawatirkan efek samping.

Selain itu, ibu hamil juga bisa pergi konsultasi dengan dokter kandungan jika ingin mewarnai rambut saat hamil besar.

Berita Terkait

Berita Terkini