Wanita

Mudah dan Hemat, Ini 4 Cara Buat Lulur Sendiri di Rumah

Anda sebenarnya bisa membuat lulur sendiri di rumah kok, tentu saja, bahannya sangat mudah dan berkhasiat.

Vika Widiastuti

Ilustrasi lulur. (Pixabay/JIb_Enjoy)
Ilustrasi lulur. (Pixabay/JIb_Enjoy)

Himedik.com - Lulur sepertinya telah menjadi salah satu perawatan wajib wanita untuk membuat kulit tampak sehat dan lembap. Namun kesibukan dan budget ke salon kecantikan juga terkadang bikin kantong jebol.

Anda sebenarnya bisa membuat lulur sendiri di rumah kok. Tentu saja, bahannya sangat mudah dan berkhasiat. Tak sabar ingin mencobanya? Yuk, catat cara membuat lulur berikut ini dilansir Hello Sehat.

1. Sugar scrub

Gula dan madu tentu sangat mudah Anda dapatkan di rumah. Selain mudah, ternyata keduanya bisa melembapkan dan mencerahkan kulit, serta mengangkat sel-sel kulit mati. Sebelum masuk ke tahap pembuatan lulur, kumpulkan dulu bahan-bahan seperti yang ada di bawah ini.

-Minyak zaitun
-Gula

Setelah mengumpulkan bahannya, campurkan minyak zaitun dengan gula sampai membentuk pasta. Oleskan ke tangan serta tubuh, lalu pijat perlahan agar sel-sel kulit mati bisa terangkat.

Minyak zaitun. (shutterstock)
Minyak zaitun. (shutterstock)

2. Lulur kopi

Siapa yang tidak suka aroma kopi? Nah, lulur kopi ini cocok untuk para penggila kopi. Selain aromanya yang menenangkan, lulur ini juga melembutkan dan melembabkan kulit Anda. Cara membuat lulur yang satu ini sangat mudah, tapi sebelumnya Anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

-Kopi bubuk yang belum dihaluskan
-Garam laut
-Minyak pijat (dari biji bunga matahari, minyak jojoba, atau aprikot)

Pertama-tama campurkan semua bahan yang telah diambil. Mandilah dengan air hangat agar melembapkan kulit Anda dan bisa membuka pori-pori. Oleskan lulur ke kulit Anda dengan gerakan memutar. Bilas dengan bersih dan jangan lupa untuk menggunakan pelembap agar kulit tidak terasa kering.

Ilustrasi bubuk kopi (Pixabay/eliasfalla)
Ilustrasi bubuk kopi (Pixabay/eliasfalla)

3. Lulur gula merah

Si manis pengganti gula ini ternyata berkhasiat untuk mempercantik kulit Anda. Tinggal tambahkan beberapa bahan alami lain sebagai eksfoliator, seperti oatmeal. Maka itu, lulur ini sangat cocok bagi Anda yang mencari eksfoliator alami.

-Minyak kelapa
-Madu
-Gula merah
-Oatmeal mentah

Cara membuat lulur ini pun mudah, Anda hanya perlu mencampurkan madu dan minyak kelapa. Lalu, tambahkan oatmeal dan gula merah yang sudah disiapkan. Campurkan hingga menjadi pasta yang tebal. Setelah membasahi kulit Anda, oleskan pada tubuh Anda dengan lembut. Bilas dan keringkan.

4. Lulur labu

Biasanya, lulur yang kita pakai terasa kasar dan seakan mengangkat sel kulit mati saat itu juga. Akan tetapi, lulur yang satu ini sangat lembut. Cobalah untuk membuat lulur dari campuran labu, gula, dan soda kue. Kandungan vitamin dan mineral dalam labu mampu mengembalikan kulit yang rusak. Selain itu, kandungan madu yang ada di dalam lulur ini juga bisa mencerahkan kulit dan mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori.

-Labu
-Soda kue
-Cangkir madu

Cobalah untuk mencampurkan madu dengan labu, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, masukkan soda kue yang sudah disiapkan. Lulur Anda sudah jadi tanpa harus merogoh kocek yang dalam, kulit Anda pun terasa lebih sehat.

Mudah dan murah kan? Jadi tetap bisa perawatan tubuh rutin untuk dapatkan kulit halus, lembut dan sehat dengan lulur alami di rumah. 

Buah labu. (pixabay)
Buah labu. (pixabay)

 

Berita Terkait

Berita Terkini