Wanita

Ada Ubi Juga, 5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Kesuburan dan Libido Wanita

Ubi dan rumput laut juga termasuk makanan yang bantu tingkatkan kesuburan libido wanita secara alami.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Sayuran tinggi serat. (pixabay/congerdesign)
Sayuran tinggi serat. (pixabay/congerdesign)

Himedik.com - Banyak makanan di sekitar kita yang mampu meningkatkan kesuburan dan libido wanita secara alami tanpa efek samping. Tetapi, beberapa wanita mungkin kurang percaya hingga akhirnya memilih konsumsi obat-obatan atau lainnya untuk meningkatkan kesuburan secara instan.

Padahal obat-obatan itu bisa saja memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh ke depannya atau justru semakin memperlambat kehamilan. Akhirnya, kondisi ini hanya akan membuat wanita semakin stres karena tak kunjung hamil.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, dilansir dari kaldascenter.com, sekitar 1 dari 10 wanita akan mengalami infertilitas. Menjaga pola makan yang sehat adalah penting, terlebih sedang menginginkan kehamilan.

Perlu diketahui, infertilitas bisa menjadi masalah kesehatan yang serius, seperti endometriosis, PCOS dan ketidakseimbangan hormon. Bahkan masalah infertilitas ini bisa saja berkelanjutan.

Karena itu, para wanita disarankan mengonsumsi setidaknya 5 jenis makanan di bawah ini untuk meningkatkan kesuburan. Makanan ini juga bermanfaat bagi wanita yang memiliki masalah libido.

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan yang memiliki masalah libido dan kesuburan (Shutterstock)

1. Rumput laut

Rumput laut mengandung nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan hati, ginjal, kandung kemih dan andrenal yakni organ vital yang mempengaruhi tingkat kesuburan wanita.

Karena itu, rumput laut baik dikonsumsi wanita yang sudah menginginkan keturunan. Di sisi lain, makanan ini juga bisa meningkatkan libido perempuan.

2. Salmon

Ikan salmon yang kaya asam lemak omega 3 telah terbukti memperlancar aliran darah ke organ reproduksi wanita yang mana bisa mempengaruhi tingkat kesuburan.

Wanita yang sering memiliki masalah hilang nafsu untuk berhubungan seksual juga bisa mengonsumsi ikan salmon ini.

Ubi jalar. (pixabay/auntmasako)
Ubi jalar. (pixabay/auntmasako)

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau gelap seperti bayam dan brokoli juga telah terbukti mampu meningkatkan ovulasi. Selain itu, sayuran hijau ini juga mampu meningkatkan libido wanita secara alami.

4. Ubi

Berdasarkan penelitian, ubi termasuk masakan yang memiliki zat perangsang ovulasi guna meningkatkan kesuburan dan libido wanita.

5. Buah-buahan

Konsumsi tiga atau lebih buah-buahan setiap harinya membantu meningkatkan peluang hamil. Karena buah-buahan membantu meningkatkan kesuburan dan libido wanita secara alami.

Berita Terkait

Berita Terkini