Wanita

Tak Hanya Nanas, 3 Buah Ini Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil!

Ada 3 jenis buah-buahan yang harus dihindari selama masa kehamilan, terutama trimester pertama.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Tiga jenis buah-buahan yang terbukti ampuh membunuh sel kanker ganas di dalam tubuh (Pixabay/romanov)
Tiga jenis buah-buahan yang terbukti ampuh membunuh sel kanker ganas di dalam tubuh (Pixabay/romanov)

Himedik.com - Buah-buahan memang termasuk makanan yang wajib dikonsumsi selama masa kehamilan, Tetapi, ada beberapa buah-buahan yang harus dihindari ibu hamil, terlebih di awal masa kehamilan.

Sebab janin yang masih berkembang belum memiliki sistem kekebalan sendiri. Sehingga semua organ yang tumbuh bisa saja terluka karena berbagai macam hal, seperti obat-obatan, radiasi hingga tembakau.

Maka dokter sering menyarankan ibu hamil untuk menghindari beberapa makanan dan aktivitas di trimester awal kehamilan yang masih rentan keguguran dan masalah kehamilan lainnya, termasuk buah-buahan tertentu yang dirasa kaya manfaat.

Melansir dari Firstcry Parenting, adapun beberapa buah yang harus dihindari selama masa kehamilan, terutama di trimester awal karena bisa membahayakan janin serta ibunya.

Ilustrasi ibu hamil. (Pixabay/Skitterphoto)
Ilustrasi ibu hamil. (Pixabay/Skitterphoto)

1. Anggur

Meskipun anggur mengandung vitamin A dan C tinggi yang merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil. Tetapi ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika ingin mengonsumsinya di trimester awal kehamilan.

Kulit luar buah anggur mengandung senyawa toksitas resveratol yang bisa menjadi racun bagi ibu hamil akibatnya pankreas bayi akan berkembang secara tidak teratur.

Padahal pankreas penting untuk mengendalikan kadar glukosa dalam darah dan jika ini tidak berfungsi bisa membuat bayi berisiko diabetes. Selain itu, anggur juga mengandung pestisida, memberikan rasa panas pada perut ibu hamil dan menyebabkan sembelit.

Anggur. (pixabay/Free-Photos)
Anggur. (pixabay/Free-Photos)

2. Pepaya

Pepaya biasanya menjadi obat alami mengatasi gangguan pencernaan. Tetapi, pepaya setengah matang harus dihindari oleh ibu hamil karena beberapa kandungan tidak baik di dalamnya.

Pepaya setengah matang mengandung lateks dalam jumlah banyak yang membuat kontraksi rahim. Buah ini juga mengandung papain yang memicu persalinan dini.

Selain itu, pepaya setengah matang juga bisa menyebabkan alergi umum seperti hidung meler, bengkak di mulut dan ruam kulit.

Ilustrasi buah pepaya. (Pixabay/sandid)
Ilustrasi buah pepaya. (Pixabay/sandid)

3. Nanas

Salah satu efek samping mengonsumsi buah nanas saat hamil adalah kandungan bromelain di dalamnya dapat melunakkan serviks yang memicu persalinan dini.

Studi juga menunjukkan bahwa tablet bromelain sangat ampuh dalam memecah protein sehingga bahkan dapat menyebabkan perdarahan tidak teratur.

Berita Terkait

Berita Terkini