Selasa, 10 Desember 2019

Waspada, Dokter Ingatkan Bahaya Pakai Sandal Jenis Ini!

"Sembilan dari sepuluh pasien yang memakai sandal platform ini pernah mengalami keseleo di pergelangan kaki," ujar Dr. Brenner.

Vika Widiastuti
Ilustrasi sepatu (Unplash/Allyson Johnson)
Ilustrasi sepatu (Unplash/Allyson Johnson)

Himedik.com - Brand Steve Madden kembali mempopulerkan sandal platform busa yang ikoniknya pada pekan lalu, sebagai bagian dari koleksi kapsul untuk Urban Outfitters. Meski membuat tubuh tampak lebih jenjang, sandal ini ternyata menuai protes dari ahli kesehatan

Dr. Hillary Brenner, Spesialis Tulang di Financial District, mengatakan bahwa sandal yang sempat populer beberapa tahun lalu ini harus dijauhi. Menurutnya, bentuk sol platform sandal yang kaku dapat mengganggu keseimbangan Anda sehingga lebih rentan terhadap risiko keseleo hingga pergelangan kaki yang bengkok.

"Sembilan dari sepuluh pasien yang memakai sandal platform ini pernah mengalami keseleo di pergelangan kaki," ujar Dr. Brenner seperti dilansir Suara.com dari laman Nypost.

Hal ini, kata Brenner, berlawanan dengan sepatu dengan sol yang lebih fleksibel, seperti sepatu kets. Menurut dia, sepatu kets memungkinkan Anda untuk menggeser berat badan dari tumit ke engsel kaki saat berjalan sehingga mengurangi risiko cedera.

Dan bahkan jika Anda berhasil untuk tidak jatuh selama memakai sandal platform ini, Anda mungkin membahayakan bagian lain dari tubuh.

"Memakai sandal platform membuat tubuh tidak berada dalam posisi yang benar, sehingga seiring waktu, hal ini dapat menambah banyak tekanan pada punggung Anda," tandasnya. (Suara.com/Firsta Nodia)

Terkait

Terkini