Wanita

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Selama Ramadan, Cobain Yuk!

Pilihlah sampo yang memiliki kandungan mint.

Vika Widiastuti

Ilustrasi kesehatan rambut (Pixabay/xusenru)
Ilustrasi kesehatan rambut (Pixabay/xusenru)

Himedik.com - Sekitar dua minggu lagi, umat islam akan menjalankan ibadah puasa ramadan. Saat menahan makan dan minum dalam waktu tertentu, umumnya orang akan mengalami kulit kering, termasuk di bagian kulit kepala

Disampaikan dr. Gloria Novelita SpKK dari Dokter Kulit dari Skin&Co Skincare Laser Clinic, perawatan rambut selama berpuasa sebenarnya tak ada bedanya dengan perawatan rambut sehari-hari. Namun kata dia, agar rambut tetap segar selama berpuasa, pilihlah sampo yang memiliki kandungan mint.

"Sebenarnya sih kalau untuk kepala kering sih enggak ada yang beda tapi bergantung pada aktivitas, memang banyak aktivitas yang menyebabkan kulit kepala berkeringat, jadi lebih tidak nyaman kan, untuk membantu terasa lebih nyaman, boleh dipilih shampoo tak lepek yang misalnya mengandung mint sehingga rasanya akan lebih segar," ujar dr Gloria dalam temu media, Senin (22/4/2019).

Ia menambahkan, agar rambut tetap sehat yang perlu diperhatikan pertama kali adalah makanan. Jadi, konsumsilah makanan yang seimbang. Untuk rambut, nutrisi yang dibutuhkan adalah protein karena kandungan ini adalah makanan utama dari keratin yang mengisi korteks batang rambut. Selain itu konsumsi pula asupan yang mengandung vitamin A, B, C, E dan mikronutrien.

Asupan nutrisi untuk kesehatan rambut. (Pixabay/RitaE)
Asupan nutrisi untuk kesehatan rambut. (Pixabay/RitaE)

Selanjutnya pilihlah sampo yang tepat sesuai kebutuhan rambut, kalau tipe kulit Anda sering berkeringat, maka pilihlah sampo yang mengandung zinc. Untuk Anda yang memiliki rambut diwarnai sebaiknya hindari sampo yang mengandung deterjen atau SLS (sodium lauryl sulfate), karena dapat membuat warnanya memudar.

"Seberapa sering keramas, kembali lagi bergantung bukan dari panjang rambut, tapi balik lagi kondisi kulit kepala, jadi kalau kulit kepalanya kering-kering saja, boleh deh 2-3 kali seminggu, tapi kalau kulit kepalanya sering berketombe, usahakan setiap hari," imbuhnya.

Rambut rontok. (unsplash)
Ilustrasi rambut basah. (unsplash)

Selain sampo, tahap lain yang tak boleh dilewatkan setelah keramas adalah menggunakan kondisioner. Ini berguna untuk melembutkan juga melindungi terutama bagian ujung-ujung rambut yang paling pertama tumbuh.

"Kalau kita banyak melakukan styling, maka bantulah dengan perawatan haircare, dengan haircare vitamin, masker jadi supaya prosesnya lebih komprehensif, harusnya sih kalau kita lakukan rambutnya selalu sehat," tandasnya.

(Suara.com/Firsta Nodia)

 

Berita Terkait

Berita Terkini