Selasa, 10 Desember 2019

Viral Foto Saluran Susu Wanita, Ternyata Ini Fakta di Baliknya

Ada yang ngeri, ada yang menganggapnya indah.

Ilustrasi payudara - (Shutterstock)
Ilustrasi payudara - (Shutterstock)

Himedik.com - Sebuah foto ilustrasi anatomi wanita yang disebut-sebut menampilkan saluran susu viral di media sosial. Banyak warganet, termasuk para wanita sendiri, menilai foto itu tampak mengerikan.

Foto tersebut awalnya diunggah oleh pengguna akun Twitter @lemonadead pada Minggu (21/4/2019) pekan lalu. Namun hingga hampir sepekan kemudian, masih banyak yang memberikan respons untuk unggahan itu. 

HiMedik.com mengutip USA Today, Jumat (26/4/2019), gambar anatomi tersebut tampaknya diambil dari aplikasi iPad bernama Anatomy & Physiology.

''Aku baru sadar bahwa aku tidak pernah melihat foto sistem otot wanita. BUKAN seperti ini bayanganku tentang penampakan saluran susu,'' cuitnya.

Banyak warganet yang mengaku ngeri melihat foto itu, tetapi ada pula yang menganggapnya terlihat indah seperti bunga.

Namun ternyata, menurut para ahli, penggambaran anatomi payudara yang viral itu tak sepenuhnya benar. Meskipun gambar itu secara anatomis sesuai dan secara teknis mewakili penampakan saluran susu, penggambarannya pada sistem otot dinilai salah.

Redaktur Pelaksana Inner Body Eric Rodriguez mengatakan bahwa lobus dalam ASI tidak terbuat dari otot dan terbungkus dalam jaringan payudara dan lemak.

Foto viral anatomi wanita - (Twitter/@lemonadead)
Foto viral anatomi wanita - (Twitter/@lemonadead)

''Lobus bukan otot, dan mungkin itu yang paling mengganggu bagiku dari fotonya,'' kata Rodriguez, dikutip dari USA Today.

''Sebagian besar organ, ketika Anda menggambarkannya, cenderung berwarna merah karena itu adalah warna darah, tetapi ketika Anda menyatukannya seperti ini, kita seolah jadi punya otot-otot berbentuk bunga ini di payudara, dan bukan seperti itu aslinya.''

Dia menambahkan, yang membuat gambar tersebut tampak seram adalah betapa simetrisnya lobus, yang jika digambarkan secara normal di dalam payudara, tidak berbentuk seperti itu.

Di sisi lain, Ketua Departemen Anatomi di Des Moines University Donald Matz mengatakan bahwa penggambaran anatomi payudara itu akurat untuk wanita yang menyusui dan yang siap melahirkan. Sebaliknya, Matz mengatakan, pada wanita yang tak menyusui, kelenjar-kelenjarnya akan jauh lebih kecil daripada yang ada di foto.

Pink ribbon, simbol kesadaran kanker payudara - (Pixabay/marijana1)
Pink ribbon, simbol kesadaran kanker payudara - (Pixabay/marijana1)

''Lokasinya akurat, secara anatomis. Maksudnya akurat, kelenjarnya tampak membengkak. Namun, juga tidak akurat karena tidak ada jaringan di sekitarnya,'' kata Matz, dengan menambahkan bahwa payudara biasanya tidak diklasifikasikan bersama sistem otot.

Rodriguez mengatakan, ada baiknya foto itu menjadi viral. ''Ini bukan sesuatu yang harus ditakuti, itu sesuatu yang membuat Anda terpesona dan belajar lebih banyak,'' kata Rodriguez.

''Ini adalah bagian dari tubuh kita yang kita tinggali dan sungguh menakjubkan betapa kita hampir tak pernah memikirkan tentang bagaimana caranya bekerja.''

Terkait

Terkini