Wanita

Manfaat Bacakan Buku ke Anak, Bisa Cegah Ibu Alami Stres dan Depresi!

Membaca buku untuk anak juga bisa meningkatkan ikatan.

Vika Widiastuti

Ilustrasi ibu dan anak. (pixabay)
Ilustrasi ibu dan anak. (pixabay)

Himedik.com - Membaca memiki banyak manfaat. Tak hanya untuk pengetahun, tetapi juga bagi kesehatan. Bahkan temuan baru menunjukkan, seorang ibu yang membacakan buku untuk sang buah hati bisa membantu mengatasi kecemasan. 

Susan Almarode, seorang mahasiswa di University of Virginia School of Nursing's Doctor of Nursing Practice program, menemukan bahwa membaca untuk bayi, terutama bayi yang berada di unit perawatan intensif neonatal (NICU), dapat membantu ibu menghindari depresi dan stres.

Dilansir Suara.com dari Motherly, sekitar 40 persen ibu dengan bayi di NICU menderita depresi pasca-persalinan, dibandingkan dengan sekitar 12 persen ibu Amerika pada umumnya. Kondisi depresi dan stres ini dapat meningkat ke tingkat yang tak terbayangkan ketika bayi baru Anda membutuhkan perawatan NICU.

Selama empat minggu, Almarode mempelajari 13 ibu dari bayi NICU yang membaca untuk anak-anak mereka setidaknya selama 30 menit, tiga kali seminggu.

Orang tua baca buku dengan anak. (shutterstock)
Orang tua baca buku dengan anak. (shutterstock)

Hasilnya, kegiatan membaca untuk bayi yang dilakukan ibu, mengurangi tingkat depresi dan stres pasca-persalinan pada mereka, serta meningkatkan ikatan mereka dengan bayi mereka.

Sementara untuk bayi, hal ini meningkatkan saturasi oksigen darah bayi, khususnya selama sesi membaca dan dalam 30 menit setelahnya.

Jika membaca untuk bayi dapat memperkuat ikatan dengan orang tua dan mengurangi stres juga depresi bagi ibu, tampaknya program membaca di NICU harus benar-benar didorong, terutama jika itu mengurangi depresi pasca-persalinan.

Bayi yang baru lahir mungkin tidak memahami kisah yang diceritakan ibu mereka, tetapi mereka akan mengerti bahwa mereka dicintai. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini