Wanita

Manfaat Luar Biasa dari Mendongeng, Bisa Perkuat Ikatan dengan Anak

Psikolog jebolan Universitas Indonesia ini juga menyinggung soal penggunaan gawai bagi anak yang sering kali berdampak negatif.

Vika Widiastuti

Ilustrasi mendongeng untuk anak. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi mendongeng untuk anak. (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Mendongeng untuk anak memiki banyak manfaat. Tak hanya untuk tumbuh kembang anak, mendongeng juga bermanfaat memperkuat ikatan dengan anak

Psikolog Anak, Vera Itabiliana mengatakan, membacakan dongeng dapat menguatkan bonding time antara ibu dengan anak. Tentunya kegitan mendongeng juga meningkatkan berbagai aspek tumbuh kembang anak.

"Kegiatan membaca dongeng dapat meningkatkan dan mempererat ikatan ibu dan anak. Selama dongeng dibacakan maka akan memengaruhi perkembangan sosial, emosi, maupun kognitif anak," ungkap Vera saat ditemui Suara.com dalam acara  Dukung Gerakan Ibu Bangsa Membaca oleh Nivea, Kamis (2/4/2019), di Perpustakaan Nasional RI Jakarta Pusat.

Ilustrasi ibu dan anak. (pixabay)
Ilustrasi ibu dan anak. (pixabay)

Di samping itu, psikolog jebolan Universitas Indonesia ini menyinggung soal penggunaan gawai bagi anak yang sering kali berdampak negatif. Oleh karenanya Vera menyarankan agar penggunaan gawai bisa dipergunakan untuk membacakan dongeng, agar tetap memberi manfaat bonding bagi ibu dan si buah hati.

"Anak-anak zaman sekarang sudah sangat mengenal gawai sejak masih kecil. Sebenarnya, selama digunakan dengan benar, gawai bisa dimanfaatkan untuk kebaikan," paparnya

Saat membacakan dongeng dengan gawai misalnya, sambung Vera, ibu sebaiknya tetap menemani anak, menciptakan interaksi dengan anak dan mengajaknya menikmati membaca dongeng bersama. 

"Jangan lupa, berikan anak sentuhan ibu dengan mendongeng, memangku, atau membelai untuk meningkatkan kelekatan dengan anak," tutup Vera.

Berita Terkait

Berita Terkini