Wanita

Benarkah Krim Perawatan dari Dokter Bikin Ketergantungan? Ini Kata Dokter

Simak penjelasan dokter tentang krim perawatan!

Vika Widiastuti

Ilustrasi menggunakan krim. (Shutterstock)
Ilustrasi menggunakan krim. (Shutterstock)

Himedik.com - Banyak anggapan yang beredar di kalangan wanita soal krim perawatan dari dokter menyebabkan ketergantungan. Hal tersebut terkadang yang jadi pertimbangan, beberapa wanita enggan memeriksakan kondisi kulitnya ke dokter dan memilik memakai produk perawatan kulit yang dijual bebas di pasaran.

Lantas benarkah krim dokter dapat menyebabkan ketergantungan? Disampaikan dr. Conny Melly Rosdiana, Sp.KK dari Bamed Skin Care, beberapa kandungan krim dokter memang ada yang menyebabkan ketergantungan.

Biasanya, kata dia, krim dokter yang menyebabkan ketergantungan memiliki efek yang instant. Salah satu kandungan pada krim dokter yang memicu ketergantungan adalah steroid.

"Yang bikin ketergantungan steroid itu bikin efek putih secara instan. Ketika dipakai hasilnya akan putih mulus lalu cepat menghilangkan bekas jerawat. Tapi kalau di stop bisa muncul jerawat atau breakout," ujar dr Conny dalam temu media di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Selain itu, krim yang mengandung merkuri juga dapat menyebabkan ketergantungan. Padahal kandungan ini tergolong berbahaya bagi kulit karena dapat memicu kanker kulit dalam jangka panjang.

"Di Bamed Skin Care kami berusaha untuk menghindari kandungan-kandungan yang bisa memicu ketergantungan. Tindakan yang kami lakukan hanya bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih sehat," imbuhnya.

Benarkah krim dari dokter bikin ketergantungan? (Suara.com/Firsta Nodia)
Benarkah krim dari dokter bikin ketergantungan? (Suara.com/Firsta Nodia)

Meski demikian, dr Conny mengatakam bahwa kulit yang dirawat dan yang tidak dirawat tentu akan berbeda.

Itu sebabnya kata dia, penggunaan krim perawatan dokter sebenarnya bukan menyebabkan ketergantungan namun menimbulkan perubahan pada kulit dibandingkan yang tidak dirawat.

"Kalau kita melakukan perawatan hasilnya berbeda dengan yang tidak melakukan perawatan. Beda kan rambut yang sering creambath sama nggak. Tapi apa itu artinya ketergantungan dengan creambath? Kan tidak. Tapi memang efeknya lebih sehat dibandingkan yang tidak melakukan perawatan," tandasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini