Wanita

Taruh Kunyit di Bekas Luka Operasi Caesar, Ibu Ini Alami Kesakitan Parah

Seorang ibu mengalami kesakitan parah akibat asal taruh racikan kunyit di bekas luka operasi caesarnya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi hamil (Unplash/freestocks.org)
Ilustrasi hamil (Unplash/freestocks.org)

Himedik.com - Seorang dokter membagikan kondisi pasiennya yang baru saja melahirkan secara operasi caesar di Facebook. Dokter Muhammad Izzat bercerita pasiennya mengalami rasa sakit luar biasa di bekas luka operasi caesar yang sudah menjadi kuning dan cokelat.

Kita tahu butuh waktu yang lama bagi seorang ibu memulihkan kondisi tubuh setelah melahirkan, apalagi melalui proses operasi caesar. Karena itu, beberapa wanita mungkin akan melakukan apapun demi memulihkan kondisinya seperti pasien dr. Izzat.

Sejak awal, dr. Izzat sudah curiga pasiennya menaruh sesuatu pada bekas luka operasi caesar yang membuatnya menjadi kuning dan cokelat.

''Apakah kamu menaruh sesuatu pada luka bekas operasimu?'' tanya dr. Izzat, dikutip dari World of Buzz.

Bekas luka operasi caesar seorang wanita yang terinfeksi gara-gara obat racikan (Facebook/Muhammad Izzat)
Bekas luka operasi caesar seorang wanita yang terinfeksi gara-gara obat racikan (Facebook/Muhammad Izzat)

Pasien tersebut mengaku telah membuat obat racikan alami sendiri lalu meletakkannya di bekas luka operasi caesar. Obat racikan olahannya terdiri dari kunyit, manjakani, dan oak.

Ia membuat dan meletakkannya di bekas luka operasi caesar atas saran seseorang dengan harapan membuat kondisinya setelah persalinan cepat membaik. Sayangnya, yang terjadi justru sebaliknya. Kondisinya justru makin buruk.

Bekas luka operasinya terlihat lebih buruk dan menimbulkan sakit luar biasa. Dokter Izzat pun mengatakan luka operasi pasien tersebut telah terinfeksi parah hingga banyak nanah yang keluar.

Dokter Izzat lantas menjelaskan dalam unggahannya bahwa 6 dari 100 wanita yang menjalani operasi caesar mungkin akan mendapat infeksi luka yang umum terjadi. Biasanya dokter sudah memperkirakan hal itu sebelum pasien pergi dari rumah sakit.

Ilustrasi bekas luka jahitan operasi caesar - (Shutterstock)
Ilustrasi bekas luka jahitan operasi caesar - (Shutterstock)

Jika luka bekas operasi caesar terinfeksi, pasien harus menjalani rawat inap dan mendapat antibiotik vena serta pembersihan luka secara rutin sampai infeksi hilang.

Apabila sudah tidak ada infeksi di bekas luka operasi caesar, dokter akan menjahit ulang bekas luka tersebut. Ia pun berpesan agar para ibu yang menjalani operasi caesar tidak mengoleskan apapun di bagian bekas luka operasi.

Ibu cukup membersihkan bekas luka operasi caesar itu menggunakan air bersih dan mengeringkannya dengan benar tanpa campuran apapun. Sebab, salah mencampurkan bahan bisa jadi memperburuk kondisi luka.

Berita Terkait

Berita Terkini