Wanita

Bukan Laki-laki, Wanita Justru Punya Naluri Lebih Tinggi untuk Selingkuh!

Penelitian mengungkapkan wanita justru lebih pandai dalam berselingkuh daripada laki-laki.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi selingkuh (shutterstock)
ilustrasi selingkuh (shutterstock)

Himedik.com - Perselingkuhan sering kali menjadi penyebab utama keretakan suatu rumah tangga. Tidak selalu ulah lelaki, wanita pun bisa saja berbohong karena memiliki naluri selingkuh lebih kuat.

Para peneliti menyebut fenomena perselingkuhan ini seperti 'asuransi pasangan' untuk berjaga-jaga jika suatu hubungan tidak menyenangkan di tengah jalan.

Berdasarkan penelitian David Buss, profesor psikologi di University of Texas dilansir dari womenintheworld.com, menyatakan bahwa wanita seperti sudah memiliki naluri untuk terus mencari pasangan cadangan dalam hidup.

Para wanita ini memang menjalin hubungan dalam status hanya dengan satu pria. Tetapi, mereka selalu memiliki pria lain yang disebut sebagai 'pasangan cadangan' dengan kedok hanya sekedar teman dekat.

"Apabila hubungannya dengan pasangan satu putus akan menjalin hubungan lain dengan lainnya," ujarnya.

<p>Ilustrasi perselingkuhan - (Shutterstock)</p>

Ilustrasi perselingkuhan - (Shutterstock)

Sebuah laporan di The New York Times pun menyebutkan seorang perempuan memiliki kecenderungan pandai berselingkuh daripada pria.

Melansir dari thesun.co.uk, adanya pasangan cadangan ini sebagai bentuk naluri seorang wanita agar tetap bertahan hidup meskipun memiliki kehidupan yang mungkin berbeda.

Naluri tinggi seorang wanita untuk berselingkuh atau mencari 'pasangan cadangan' ini juga berkaitan dengan pandangannya terhadap pasangan.

Artinya, wanita memiliki kecenderungan selalu membandingkan pasangannya dengan lelaki lain yang ada dalam hidupnya dan hal itulah yang membuat mereka mungkin merasa kurang puas.

Meski begitu, bukan berarti semua wanita di dunia memiliki pasangan cadangan ketika sudah menjalin hubungan dengan satu pria.

Namun, wanita yang tidak memiliki pasangan cadangan ini mungkin akan merasakan hari yang lebih berat dan kehilangan yang dalam saat hubungannya hancur.

Fakta bahwa perempuan lebih pandai selingkuh ini juga berkaitan dengan karakter wanita yang lebih menggunakan perasaannya daripada pikiran.

Sehingga ketika wanita sudah berselingkuh, ia akan lebih sulit untuk lepas dari hubungan yang salah itu karena tidak pandai mengontrol perasannya.

Berbeda dengan lelaki yang lebih banyak menggunakan pikiran, mereka lebih mundah untuk berhenti karena hubungan gelap itu hanya sebuah kesenangan sementara.

Berita Terkait

Berita Terkini