Sabtu, 24 Agustus 2019

Ketahui 5 Olahraga yang Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita dengan PCOS

Apa saja olahraga yang dapat dicoba untuk meningkatkan kesuburan perempuan dengan PCOS?

Vika Widiastuti
ilustrasi yoga - (Unsplash/bruce mars)
ilustrasi yoga - (Unsplash/bruce mars)

Himedik.com - Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik memiliki dampak yang signifikan, terutama masalah kesuburan

PCOS adalah gangguan hormonal yang dapat menyebabkan periode menstruasi yang tertunda atau lama. PCOS dapat meningkatkan kadar hormon androgen dalam tubuh Anda. Dan kadar hormon yang tinggi ini, bertanggung jawab atas sifat-sifat maskulin dan fungsi reproduksi tertentu, seperti pertumbuhan rambut di beberapa bagian tubuh yang tidak diinginkan dan kesulitan dalam kehamilan.

Ketidakseimbangan hormon pada perempuan yang mengalami PCOS akan mencegah produksi dan pelepasan sel telur matang, sehingga memengaruhi proses ovulasi.

Sementara PCOS dapat mempersulit perempuan untuk hamil, beberapa penelitian mencatat bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan kesuburan pada perempuan yang hidup dengan kelainan hormon ini.

Ini karena olahraga membantu perempuan mengatasi obesitas akibat PCOS. Ketika perempuan kelebihan berat badan, tubuh akan mengalami proses yang disebut resistensi insulin, di mana pankreas menghasilkan hormon (insulin) yang berlebihan.

Ketika kadar insulin meningkat, metabolisme akan terganggu, termasuk proses ovulasi. Selain itu, obesitas juga bertanggung jawab pada masalah ketidakseimbangan hormon.

Jadi, olahraga secara teratur akan membantu perempuan untuk menurunkan beberapa kilogram berat badannya akibat PCOS, dan mengembalikan ovulasi ke jalurnya.

Lalu, apa saja olahraga yang dapat dicoba untuk meningkatkan kesuburan perempuan dengan PCOS? Ini dia beberapa di antaranya, seperti dilansir Suara.com dari The Health Site:

1. Jalan kaki atau jogging
Jika Anda bukan penyuka olahraga berat, mulailah dengan berjalan kaki atau jogging di pagi hari. Ini adalah latihan intensitas rendah yang tidak akan memiliki efek buruk pada tubuh, sekaligus meningkatkan aliran darah.

Rajin berolahraga dapat menurunkan risiko jantung. (Foto: shutterstock)
Rajin berolahraga dapat menurunkan risiko jantung. (Foto: shutterstock)

Peningkatan aliran darah ke organ reproduksi akan meningkatkan kesuburan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Massachusetts Amherst, teridentifikasi bahwa perempuan dengan PCOS dapat meningkatkan kesuburan mereka secara signifikan dengan berjalan dan jogging.

2. Berenang
Berenang adalah olahraga yang efektif untuk meningkatkan kesuburan. Meskipun tidak ada hubungan langsung antara berenang dan kesuburan, tetapi latihan ini tetap membantu meningkatkan aliran darah.

Ketahui 5 Olahraga yang Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita dengan PCOS - 2

Ini secara tidak langsung juga meningkatkan kapasitas perempuan dengan PCOS untuk hamil. Juga, berenang dikenal sebagai salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Menurut perkiraan Fertility Society of Australia, 30 menit sesi berenang setiap hari selama seminggu dapat membantu meningkatkan kesuburan.

3. Latihan kekuatan
Latihan kekuatan tidak hanya membantu mendapatkan tubuh ramping dengan otot yang kuat, tetapi juga menurunkan tingkat stres. Stres dapat menjadi salah satu faktor utama di balik ketidaksuburan.

Ilustrasi latihan kekuatan. (Shutterstock)
Ilustrasi latihan kekuatan. (Shutterstock)

Beberapa penelitian mencatat bahwa ketika mengangkat beban dan membentuk otot, ada rasa nyaman dengan diri sendiri yang membantu mengurangi stres.

Namun, untuk melakukan latihan ini, Anda harus berdiskusi dengan dokter dan pelatih kebugaran. Ingat, jika latihan ini dilakukan secara tidak benar, justru dapat meningkatkan kadar hormon testosteron.

4. Zumba

Ketahui 5 Olahraga yang Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita dengan PCOS - 4
Ilustrasi latihan zumba. (Shutterstock)

Karena berat badan memainkan peran utama dalam kesuburan, penting untuk tetap menjaganya stabil. Lakukan suatu aktivitas yang disukai, mungkin Zumba dapat menjadi pilihan. Ini akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan dan meningkatkan peluang hamil dengan cara yang lebih menyenangkan.

5. Yoga
Yoga asana akan membantu mengembalikan keseimbangan hormon yang mungkin hilang karena PCOS. Seperti yang telah disebutkan, keseimbangan hormon sangat penting untuk ovulasi. Pose yoga tertentu juga akan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.

Ilustrasi Yoga Squat (Shutterstock)
Ilustrasi yoga. (Shutterstock)

Selain itu, mereka juga dapat bertindak sebagai penghilang stres yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

Perempuan dengan PCOS dapat mencoba asana seperti Bhramari Pranayama, ViparitaKarani, Paschimottanasana, dan Bhujangasana untuk meningkatkan kesuburan. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini