Kamis, 27 Februari 2020

Jelang Mudik Lebaran 2019, Ini Makanan yang Baik untuk Jaga Stamina

Berikut ini makanan yang tepat dikonsumsi sebelum perjalanan jauh maupun sebagai camilan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Anggur dan apel. (pixabay/GhiblyCalimero)
Anggur dan apel. (pixabay/GhiblyCalimero)

Himedik.com - Puasa Ramadan 2019 telah berlangsung hampir 2 minggu, sejumlah orang pun kini telah mempersiapkan rencana mudik untuk berkumpul bersama sanak saudara. 

Banyak hal yang mesti dipersiapkan untuk mudik Lebaran, mulai dari transportasi, perlengkapan yang akan dibawa selama perjalanan, hingga pakaian hari raya.

Pastinya ada banyak orang yang akan melakukan perjalanan mudik jauh menggunakan mobil bersama keluarga. Tetapi, perjalanan mudik Lebaran yang menyenangkan itu tentu juga akan melelahkan.

Dalam hal ini, sudah seharusnya kita juga memperhatikan asupan makanan berenergi agar kesehatan tubuh tidak terganggu dan tenaga tidak terkuras. Makanan tersebut hendaknya dikonsumsi sebelum maupun selama perjalanan.

Melansir dari koa.com, berikut ini makanan yang tepat dikonsumsi sebelum perjalanan jauh maupun sebagai camilan perjalanan mudik Lebaran agar tidak bosen sekaligus menjaga stamina tubuh.

Cokelat kaya flavanol yang ternyata ampuh mengatasi darah tinggi. (Shutterstock)
Cokelat kaya flavanol yang ternyata ampuh mengatasi darah tinggi. (Shutterstock)

1. Dendeng sapi

Dendeng sapi yang kayak protein ini merupakan salah satu makanan terbaik untuk mengatasi rasa lapar. Oleh karena itu, konsumsi makanan ini sebelum melakukan perjalanan jauh. Itu akan sangat membantu agar kita tidak cepat merasa lapar.

2. Telur rebus

Telur rebus tidak hanya mudah disiapkan. Makanan ini juga lebih simpel dibawa dan dimakan saat mudik Lebaran guna antisipasi kelaparan di tengah perjalanan.

Tak ada salahnya pula mengonsumsi telur rebus sebelum perjalanan jauh karena makanan ini mengandung karbohidrat kompleks berkualitas.

3. Anggur

Anggur adalah pilihan buah paling tepat untuk menemani perjalanan jauh Anda saat mudik lebaran. Jika Anda melakukan perjalanan mudik saat tidak puasa, bisa bawa buah ini untuk cemilan perjalanan.

Selain mudah dimakan, anggur yang kaya manfaat ini mampu mencegah kebosanan. Namun, tetap jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya karena anggur mengandung kadar gula tinggi.

Ilustrasi anggur. (Shutterstock)
Ilustrasi anggur. (Shutterstock)

4. Wortel

Wortel mengandung serat dan nilai gizi tinggi yang sangat baik dikonsumsi sebelum atau sedang dalam perjalanan jauh.

Jika melakukan perjalanan jauh dalam keadaan tidak puasa, kita bisa mengonsumsi wortel rebus selama perjalanan untuk menambah energi, mengurangi lapar, sekaligus mengatasi rasa bosan.

5. Cokelat hitam

Jika biasanya orang mengonsumsi cokelat saat suasana hati sedang buruk, kita juga bisa membawa cemilan ini saat perjalanan mudik lebaran.

Cokelat hitam diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi otak. Tetapi, tetap saja kita tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya satu batang sekaligus.

Terkait

Terkini