Wanita

Tak Pakai Bra Picu Masalah Kesehatan? Spesialis Lingerie Beri Penjelasan

Ukuran payudara kecil atau besar memiliki risiko yang sama.

Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi melepas bra - (Shutterstock)
Ilustrasi melepas bra - (Shutterstock)

Himedik.com - Berbeda dari klaim yang diperjuangkan kampanye 'Free the Nipple' (Bebasakan Puting, -red), tak pakai bra, berdasarkan keterangan spesialis lingerie, ternyata tak baik untuk kesehatan.

Menurut Paula Svodoba, spesialis fitting Triumph Lingerie, berbagai masalah kesehatan akan dialami wanita yang lebih suka tak pakai bra.

"Gejala yang terkait dengan tidak mengenakan bra, atau memakai ukuran yang salah, antara lain sakit kepala, sakit leher, sakit punggung, peregangan ligamen, dan nyeri payudara," kata Paula.

Berbicara pada 9Honey, dia menambahkan, "Belum lagi dampak payudara kendur, yang kondisinya tidak bisa dikembalikan seperti semula."

Dikutip dari Mirror.co.uk, Selasa (14/5/2019), wanita rata-rata membawa sekilo berat badannya di bagian dada, dan bra diciptakan untuk meringankan beban tersebut.

Maka dari itu, jika bra tak dipakai, beban ketegangan pada dada akan ditanggung oleh punggung.

Ilustrai melepas bra. (Shutterstock)
Ilustrai melepas bra. (Shutterstock)

Hal itu tak hanya berlaku pada wanita berpayudara besar. Wanita berpayudara kecil yang tak memakai bra pun disebutkan akan mengalami risiko yang dipaparkan Paula.

Payudara berukuran cup A atau B masih tergolong berat dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada payudara melalui kondisi kendur.

"Para wanita percaya bahwa kondisi kendur sering terjadi karena ukuran payudara, tetapi bukan ini masalahnya," jelas Paula.

"Tekanan yang muncul dari gerakan payudara adalah penyebab jaringan lemak dan ligamen meregang dan melorot dari waktu ke waktu, berapa pun ukuran Anda," sambungnya.

Paula menekankan, entah cup A atau cup E, bra sama pentingnya untuk dipakai semua wanita dan sesuai dengan ukuran payudaranya.

Mirror.co.uk menyebutkan, bukan berarti dilarang, tak memakai bra tentu diperbolehkan bagi para wanita, hanya saja tak disarankan untuk dilakukan terlalu sering.

Berita Terkait

Berita Terkini