Wanita

Perjalanan Mudik, Ini Tips Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan!

Ini tips dari dokter!

Vika Widiastuti

Ilustrasi kewanitaan - (Pixabay/SarahRichterArt)
Ilustrasi kewanitaan - (Pixabay/SarahRichterArt)

Himedik.com - Selalu menjaga kebersihan organ intim adalah hal yang penting, termasuk ketika melakukan perjalanan atau mudik. Apalagi saat di perjalanan yang memakan waktu berjam-jam atau seharian duduk di kendaraan sehingga membuat area kewanitaan menjadi lembap.

Hal tersebut, kata dr. Anggraeni Noviandini, Sp, KK, dari NMW Clinic, membuat perempuan harus memperhatikan kebersihan dan kondisi area kewanitaannya selama di perjalanan.

"Tipsnya, yang pertama jangan pakai pakaian ketat selama perjalanan, apalagi kalau ini perjalanan darat yang panjang. Jangan lupa selalu membawa alkohol spay untuk membersihkan toilet di toilet umum. Hal ini sangat penting," ujar dia pada Suara.com.

Selain itu, lanjut dr. Anggraeni, sebaiknya kurangi pemakaian panty liner. Tapi, kalau memang terpaksa menggunakannya, sering-sering ganti panty liner, mengingat keputihan biasanya akan keluar saat kita kelelahan di perjalanan.

Jika tidak menggunakan panty liner, dia menyarankan agar penggantian celana dalam bisa rutin dilakukan, agar area kewanitaan tetap segar dan bersih.

"Nah, sesudah dari toilet, dikeringkan sebelum pakai celana dalam lagi. Jika tak yakin air di toilet umum itu bersih atau tidak, sebaiknya siapkan air mineral dalam botol atau air bersih untuk digunakan membasuh area kewanitaan," tambah dr. Anggraeni.

Semua itu, lanjut dia bisa menghindari are kewanitaan dari bakteri jahat penyebab infeksi. Selain itu, tips ini juga membuat kulit di organ intim tidak mudah iritasi, yang menyebabkan gatal atau lecet, sehingga tetap nyaman selama di perjalanan mudik. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini