Wanita

Bukannya Jorok, Tak Kenakan Celana Dalam Ternyata Lebih Nyaman dan Sehat

Benarkah tak pakai celana baik untuk kesehatan?

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi celana dalam - (Pixabay/isic)
Ilustrasi celana dalam - (Pixabay/isic)

Himedik.com - Beberapa wanita mungkin menerapkan tak memakai celana dalam di malam hari. Ini bukanlah hal yang jorok, tetapi ternyata justru baik untuk kesehatan

Menurut beberapa wanita yang diwawancarai oleh Daily Mail, dikutip dari goodhousekeeping.com, tidak mengenakan pakaian dalam adalah kunci kesehatan yang baik.

Hal itu karena pakaian dalam, khususnya celana dalam, dapat menyebabkan infeksi berbahaya serta masalah kesehatan lainnya.

Menurut Elizabeth Eden, pakar kesehatan seksual wanita di VSPOT, tidak ada korelasi antara infeksi atau masalah kesehatan organ intim dengan tidak mengenakan celana dalam.

Meski begitu, Elizabeth memberi tahu beberapa bahan pakaian dalam memang kurang baik dan bisa berdampak buruk pada organ intim wanita. Oleh karena itu, ia menyarankan wanita untuk memiliki pakaian dalam berbahan katun atau sutra.

Celana dalam perempuan jenis high cut briefs. (Shutterstock)
Ilustrasi celana dalam (Shutterstock)

"Karena kain sintetis bisa lebih bersifat oklusif yang bisa meningkatkan kemungkinan wanita mengalami infeksi ragi dan peradangan jika sudah memiliki infeksi jamur," katanya.

Elizabeth Eden juga menyarankan wanita untuk melepas celana dalam ketika hendak tidur. Hal tersebut tidak ada kaitannya dengan infeksi, melainkan memberi organ intim udara dan menjaga kelembapannya saat tidur.

Dengan begitu, melepas celana dalam memang akan memberi kenyaman serta manfaat tersendiri, seperti yang dilansir dari bustle.com berikut ini:

1. Sirkulasi lancar

Pakaian dalam yang terlalu ketat tentu akan menghambat sirkulasi dan berdampak pada gangguan saraf. Jadi, lebih baik pilih pakaian dalam yang berbahan aman dan tidak ketat atau melepasnya.

Bukannya Jorok, Tak Kenakan Celana Dalam Ternyata Lebih Nyaman dan Sehat - 2

2. Meningkatkan kehidupan seks

Tidur bersama pasangan tanpa mengenakan celana dalam tentu memberikan sensasi tersendiri bagi kamu maupun pasangan. Besar kemungkinan pasangan akan lebih tergoda mendekat kepadamu dan ini akan membantu meningkatkan kehidupan seksual kalian.

3. Terhindar dari ISK

Pakaian dalam juga membuat bakteri terjebak yang bisa saja akan menular dari depan ke belakang atau sebaliknya. Penularan atau penyebaran bakteri ini berisiko menimbulkan infeksi saluran kemih yang akan membuat tidak nyaman.

Berita Terkait

Berita Terkini