Wanita

Muntah 10 Hari, Dokter Kaget dengan Isi Perut Wanita Ini

Seorang wanita terus mengeluh sakit perut dan muntah selama 10 hari.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah

Dokter mengangkat benda asing di dalam perut wanita ini (Instagram/med_life)
Dokter mengangkat benda asing di dalam perut wanita ini (Instagram/med_life)

Himedik.com - Seorang wanita mengeluh sakit perut dan mengalami muntah selama 10 hari. Dokter pun melakukan pemeriksaan menyeluruh pada wanita ini.

Namun saat sang dokter memeriksa wanita 43 tahun ini, mereka dibuat bingung dengan apa yang ditemukan. Dokter heran melihat banyak benda asing di dalam tubuh wanita tersebut.

Hasil pemeriksaan sinar-X menunjukkan banyak benda asing yang tak tercerna di perutnya. Dokter pun segera melakukan operasi mendesak untuk menyelamatkan wanita yang dikabarkan memiliki gangguan kejiwaan ini.

Setelah dibedah, dokter menemukan kuku, pulpen, sendok, potongan kayu, rambut, rantai logam hingga sikat gigi yang diekstraksi dari perutnya.

Hasil X-ray dari wanita menderita bezoar (Instagram/Med_life)
Hasil X-ray dari wanita menderita bezoar (Instagram/Med_life)

Melansir akun Instagram @med_life pada Minggu (26/5/2019), dari unggahan Facebook Meddy Bear pada 2016 silam, laporan menunjukkan wanita ini memiliki riwayat suka menelan benda asing.

Hal ini membuat benda asing itu tidak dapat tercerna dan menumpuk di saluran pencernaan. Kondisi ini dinamakan bezoar. Dikutip dari Healthline, bezoar disebabkan oleh penumpukan material di saluran pencernaan yang tidak bisa dicerna oleh lambung.

Bezoar umumnya terjadi pada pasien yang mengalami gangguan emosi, depresi atau retardasi mental. Oleh karena itu, mereka membutuhkan terapi dari psikiater.

Benda di dalam perut wanita menderita bezoar (Instagram/Med_life)
Benda di dalam perut wanita menderita bezoar (Instagram/Med_life)

Kasus bezoar logam seperti yang terjadi pada wanita ini merupakan satu dari beberapa kasus yang dilaporkan di seluruh dunia.

Salah satu kasus lainnya adalah seorang lelaki yang memiliki gangguan Manic Depressive Psychosis.

Berdasarkan laporan NCBI, lelaki ini memiliki riwayat sering menelan kuku dan sekrup dengan ukuran bervariasi dari 2 sentimeter hingga 15 sentimeter selama lebih dari 1 tahun.

Tetapi kondisi pada lelaki ini tidak menyebabkan perforasi dan komplikasi akut lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini