Senin, 16 September 2019

Dokter Beri Tips Pilih Alas Kaki Saat Lebaran Agar Kaki Tak Gampang Pegal!

Agar momen silaturahmi lebih nyaman, Anda harus mengenakan alas kaki yang tepat.

Vika Widiastuti
Ilustrasi sepatu (Unplash/Allyson Johnson)
Ilustrasi sepatu (Unplash/Allyson Johnson)

Himedik.com - Alas kaki menjadi salah satu item fashion yang boleh ketinggalan saat lebaran. Untuk melengkapi penampilannya, kaum hawa biasanya akan memilih alas kaki yang sedang ngetren.

Alas kaki ini kemudian dikenakan di momen silaturahmi seperti berlebaran di rumah sanak saudara hingga tetangga.

Alih-alih nyaman, alas kaki yang sekadar mengikuti tren justru dapat membuat kaki menjadi pegal. Nah agar momen silaturahmi lebih nyaman, Anda harus mengenakan alas kaki yang tepat.

Disampaikan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik Dr. Siti Anissa Nuhonni, Sp.KFR(K), penggunaan sepatu flat maupun sendal teplek ternyata tidak disarankan. Bukannya nyaman, alas kaki ini disebut-sebut dapat membuat kaki Anda lebih cepat pegal.

"Seharusnya jangan sepatu atau sandal teplek karena tidak mengikuti kontur telapak kaki yang melengkung," ujar dokter yang akrab disapa Nuhonni ini beberapa waktu lalu.

Ilustrasi sepatu hak tinggi. (Shutterstock)
Ilustrasi sepatu hak tinggi yang tidak disarankan digunakan saat lebaran. (Shutterstock)

Dr Nuhonni mengatakan, telapak kaki memang memiliki lengkungan untuk memberi ruang bebas gerak. Sayangnya sepatu maupun sandal teplek tidak memberi ruang bagi cekungan telapak kaki.

Sebaliknya dr Nuhonni menyarankan Anda untuk mengenakan sandal atau sepatu yang memiliki bantalan tipis di bagian cekungan telapak kaki. Anda juga boleh menggunakan sepatu yang memiliki hak setidaknya maksimal 3 sentimeter.

"Untuk lebaran nanti saya sarankan sepatu yang memiliki lengkungan di bawah telapak. Kalau berada di rumah kan tidak pakai alas kaki, jadi pemakaiannya tidak sesering mungkin," tandasnya. (Suara.com/Firsta Nodia)

Terkait

Terkini