Selasa, 20 Agustus 2019

Pakai Vacuum Cleaner untuk Sedot Darah Menstruasi, Wanita Ini Perdarahan

Gara-gara menggunakan alat penyedot debu untuk menghentikan darah menstruasi lebih cepat, dua wanita muda terbaring di rumah sakit.

Galih Priatmojo | Shevinna Putti Anggraeni
Ilsutrasi menstruasi - (Shutterstock)
Ilsutrasi menstruasi - (Shutterstock)

Himedik.com - Dua wanita muda usia 19 dan 23 tahun terbaring di rumah sakit setelah berusaha mengehntkan aliran darah menstruasinya menggunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner.

Selama ini kita sering mendengar banyak perempuan berusaha menghentikan darah menstruasi dengan mengonsumsi obat khusus hingga minuman bersoda.

Tapi, mungkin hanya sedikit wanita yang memikirkan efek samping jangka pendek maupun panjangnya bagi kesehatan. Seperti dua wanita asal Seattle yang terbaring di rumah sakit karena menggunakan vacuum cleaner ini.

Menurut keterangan seorang perawat, dua wanita muda itu telah berusaha menghentikan darah menstruasinya menggunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner.

Perawat tersebut membagikan pengalamannya menangani pasien yang menghentikan menstruasi menggunakan vacuum cleaner melalui twitter dan cuitannya seketika mencuri perhatian publik.

Ia meminta agar semua wanita berhenti menggunakan alat apapun untuk menghentikan darah menstruasi. Apalagi menggunakan alat penyedot debu seperti kedua pasiennya.

Dua perempuan muda yang menjadi pasiennya sengaja menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot darah menstruasinya agar selesai lebih cepat.

"Ladies...Please stop using your vacuum hose to end your period early. You're gonna wind up sucking out a lot more than blood! There were 2 cases of this so far this week and both women had to be admitted. Just... STOP!" tulisnya di twitter menggunakan akun @OdesseyT99 dikutip dari Mirror.

Ilustrasi orang sakit (Shutterstock)
Ilustrasi orang sakit (Shutterstock)

 

(Ladies...tolong jangan menggunakan vacuum cleaner untuk mengakhiri menstruasimu lebih cepat. Alat itu hanya akan membuatmu mengeluarkan darah lebih banyak. Minggu ini sudah ada 2 kasus, hentikan!)

Perawat tersebut tak mengetahui persis jenis vacuum cleaner yang digunakan oleh pasiennya. Tetapi, ia menghimbau bahwa vacuum cleaner jenis apapun justru hanya akan meningkatkan aliran darah kita seribu kali lebih banyak.

Hal tersebut terjadi karena tubuh syok dengan alat penyedot debu yang ditempelkan pada organ intim. Pada akhirnya, kita bisa kehilangan terlalu banyak darah dalam satu waktu.

Dr Adeeti Gupta, pendiri Walk In GYN Care pun mengatakan menghentikan menstruasi dengan vacuum cleaner adalah cara yang sangat konyol. Bahkan cara ini bisa saja menyebabkan cedera dan infeksi parah pada vagina.

Menurutnya, perdarahan saat menstruasi adalah proses yang alami karena darah yang keluar sudah terkumpul lama di dalam rahim dan siap dikeluarkan kapan pun.

"Perdarahan menstruasi adalah proses alami tubuh. Darah sudah terkumpul di dalam rahim dan siap keluar kapan saja. Jadi jangan berpikir untuk menyedotnya secara paksa dengan harapan agar darah lebih cepat dan banyak keluar sebelum waktunya," katanya.

Bahkan jika seorang wanita mengalami masalah atau tidak nyaman dengan siklus menstruasinya pun harus berkonsultasi kepada dokter ahli. Tidak bisa seseorang mengambil tindakan sendiri, apalagi menggunakan vacuum cleaner.

Terkait

Terkini