Kamis, 20 Juni 2019

Gigi Anak Ini Hilang Saat Bangun Tidur, Ternyata Masuk Saluran Pernapasan

Gadis tersebut tak mengalami gejala seperti yang biasa terjadi, yaitu batuk, mengi atau suara pernapasan lainnya.

Vika Widiastuti
Ilustrasi anak tidur siang (pixabay)
Ilustrasi anak tidur siang (pixabay)

Himedik.com - Seorang gadis di Turki dilarikan ke rumah sakit setelah giginya yang goyah tiba-tiba hilang pagi harinya saat ia bangun.

Dilaporkan Daily Mail, orang tua gadis tersebut curiga saat mengetahui gigi di mulut putrinya sudah tidak ada lagi seperti saat ia membaringkannya di malam sebelumnya.

Tiba di rumah sakit, gadis itu pun menjalani rontgen. Akhirnya diketahui, gigi gadis tersebut ternyata bersarang di saluran pernapasan yang mengarah ke paru-paru kiri.

Gadis itu beruntung bisa bertahan hidup, mengingat tingginya tingkat kematian ketika seseorang anak menghirup benda asing, menurut dokter.

Aspirasi benda asing atau FBA bisa mengancam nyawa karena menghambat oksigen mencapai paru-paru. Hal ini sangat berbahaya bagi anak di bawah usia 3 tahun yang paling mungkin menghirup benda secara tak sengaja.

Para dokter di Departemen Pediatri, Necmettin Erbakan University mengatakan, hal ini masih bisa terjadi pada anak usia sekolah, seperti dalam kasus ini.

Ilustrasi anak tidur (shutterstock)
Ilustrasi anak tidur (shutterstock)

 

Kisah tentang gadis 9 tahun tersebut juga ditulis dalam jurnal Clinical Case Reports di mana kesigapan orang tuanya yang membawanya ke dokter bisa membuatnya tertolong.

Apalagi, gadis tersebut tak mengalami gejala seperti yang biasa terjadi, yaitu batuk, mengi atau suara pernapasan lainnya.

Selain itu, melalui pemeriksaan fisik diketahui paru-paru gadis itu juga tidak berfungsi dengan baik.

Pasien pun harus menjalani pembedahan untuk mengeluarkan gigi yang bersarang di saluran pernapasannya. Setelah mendapatkan perawatan, ia dipulangkan.

Terkait

Terkini