Wanita

Bisa Bikin Semakin Parah, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bibir Kering

Biasanya bibir kering karena tubuh kekurangan cairan atau bisa juga faktor penggunaan lipstik.

Vika Widiastuti

Bibir kering. (pixabay)
Bibir kering. (pixabay)

Himedik.com - Bibir kering memang bukan hanya mengganggu penampilan, tetapi juga membuat tidak nyaman. Bibir kering biasany terjadi karena adanya ketidakseimbangan di dalam tubuh. 

Namun, kamu perlu tahu beberapa hal yang bisa memperparah masalah bibir kering.

Biasanya bibir kering karena tubuh kekurangan cairan atau bisa juga faktor penggunaan lipstik. Meski terlihat sepele, tapi sebenarnya masalah bibir kering ini bisa amat mengganggu.

Bibir kering membuat kita jadi susah pakai lipstik. Parahnya kalau sampai mengelupas dan berdarah. Mau makan dan minum jadi tidak nyaman.

Selain usaha untuk menyembuhkan bibir kering dari hal yang simpel seperti banyak minum air putih dan selalu pakai lip balm, kita juga harus mengetahui beberapa hal yang memperparah.

Hal ini akan membantu kita menghindari hal-hal yang ternyata bisa memperparah masalah bibir kering dan membuatnya lebih cepat pulih.

1. Menjilat bibir

Ilustrasi bibir tipis dan sensitif. (Unsplash/Greg Kantra)
Ilustrasi bibir kering. (Unsplash/Greg Kantra)

Jika kalian masih berpikir menjilat bibir bisa membantu melembapkannya, itu salah besar. Air liur bukan berfungsi sebagai pelembap alami bibir. Justru air liur bisa menghilangkan kelembapan alami kulit di bibir.

2. Membasuh wajah dengan air panas

Air yang terlalu panas bukan hanya membuat kulit wajah yang kering, tapi juga bibir. Disarankan untuk memakai air yang lebih hangat atau dalam suhu normal. Jangan lupa untuk memilih sabun cuci muka yang sesuai agar lebih bersahabat dengan kulit bibir juga.

3. Sinar matahari

Seperti kulit pada umumnya, kulit bagian bibir juga bisa mengering karena paparan sinar matahari yang berlebih. Disarankan untuk selalu menggunakan lip balm yang mengandung SPF untuk melindungi bibir dari sinar UV.

Ilustrasi bibir sehat. (Pixabay/xusenru)
Ilustrasi bibir kering. (Pixabay/xusenru)

4. Lip balm dengan perasa

Tahukah kamu bahwa ternyata perasa dan pewangi dalam lip balm bisa memperuruk kondisi bibir kering. So, mulai sekarang sebaiknya pakai lip balm tanpa pewarna dan pewangi ya, Girls.

5. Lip balm dengan exfoliator

Memang ada beberapa lip balm yang mengandung salicylic acid yang berfungsi untuk meluruhkan sel kulit mati. Nah, kalau dalam kondisi kulit kering, justru akan memperparah kondisi bibirmu. Kandungan lain yang perlu dihindari pula oleh bibir kering yaitu mentol dan papermint. (Suara.com/Kintan Sekarwangi)

Berita Terkait

Berita Terkini