Minggu, 20 Oktober 2019

Kebiasaan Minum Air Mentah, Ada Lintah Hidup di Tenggorokan Wanita Ini!

Ada seekor lintah hidup di tenggorokan wanita ini karena kebiasaan sering minum air mentah dari mata air.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi perempuan minum air mentah (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi perempuan minum air mentah (Pexels/Daria Shevtsova)

Himedik.com - Wanita paruh baya mengeluh sering batuk darah dan merasa ada sesuatu yang bergerak di tenggorokannya. Setelah diperiksa, ternyata ada seekor lintah di tenggorokannya karena kebiasaan minum air sembarang.

Awalnya, wanita 65 tahun bernama Wang itu pergi ke rumah sakit.  Ia langsung mengeluhkan ketidaknyamanan di tenggorokannya karena ada sesuatu yang bergerak kepada dokter.

Dokter lantas melakukan bronkoskopi, yakni memasukkan kamera mikroskopis ke dalam tenggorokannya guna melihat saluran udara paru-parunya.

Hal mengejutkannya, dokter melihat ada hewan lintah penghisap darah yang hidup di dalam tenggorokan perempuan tersebut.

Tim medis mengatakan lintah tersebut menempel erat di dinding trakea pasien. Sehingga dokter kesulitan untuk mengeluarkan lintahnya.

Apabila dokter melepas dan mengeluarkan paksa lintah justru bisa menyebabkan cedera sekunder pada wanita itu dan membutuhkan operasi lebih lanjut.

Karena itu, dokter mengambil lintah tersebut dengan cara membekukannya dahulu sehingga lebih mudah untuk menariknya keluar dari tenggorokan.

Ilustrasi lintah (shutterstock)
Ilustrasi lintah (shutterstock)

 

"Dalam kasus seperti ini, dokter membekukan lintah supaya lintah dengan menyemprotkan zat pembeku karbon dioksida di atasnya. Hal ini untuk menurunkan suhu tubuhnya menjadi minum 80 derajat celcius," kata dr. Yao yang menangani kasusnya dikutip dari Mirror.

Setelah lintah membeku, otomatis tubuhnya akan melepaskan diri dari dinding trakea pasien. Saat itu pula dokter bisa menarik dan mengambilnya keluar dari tenggorokan pasien.

Prosedur pembekuan hingga pengambilan lintah dalam tenggorokan wanita ini berlangsung selama 6 menit.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata Wang juga orang yang senang mengonsumsi air mentah dari mata air. Kebiasaan minum air mentah dari mata air itulah yang menyebabkan lintah hidup di tenggorokannya.

Karena kemungkinan besar air mentah yang diminumnya mengandung telur atau larva lintah yang bisa menetas dalam tubuh dan tumbuh di tenggorokan.

Kasus ini sama halnya ketika dokter menemukan ada laba-laba di telinga seorang pasien dengan kondisi telinga sudah membengkak.

Terkait

Terkini