Wanita

Jangan Lagi Pakai Lensa Kontak saat Mandi Jika Tak Ingin Alami Hal Fatal

Lensa kontak dapat memerangkap kotoran dan menahannya di mata. Akibatnya bisa menginfeksi dan menyebabkan kebutaan.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

penggunaan softlens (Shutterstock)
penggunaan softlens (Shutterstock)

Himedik.com - Masih banyak orang yang malas untuk melepas lensa kontak mereka. Bahkan beberapa sering memakainya saat mandi, bahkan tidur.

Seorang wanita berusia 41 tahun dari Inggris menjadi buta setelah terinfeksi parah pada bagian matanya. Ia mempunyai bekas luka permanen pada kornea, lensa atas yang jelas dari bola mata.

Melansir INSIDER, para peneliti mengungkapkan wanita tersebut telah memakai lensa kontaknya saat mandi dan berenang. Memungkinkan amoeba masuk ke bola mata dan tumbuh di sana.

Tentu saja, berdasarkan laporan yang diterbitkan 18 Juli di The New England Journal of Medicine, ini akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, penglihatan kabur dan kerusakan mata permanen.

Ini bukan pertama kalinya terjadi hal seperti ini. Seorang pria berusia 29 tahun asal Inggris juga mengalami kebutaan tahun lalu setelah ia terkena infeksi yang sama.

Pria tersebut juga sering menggunakan lensa kontak saat mandi, menurut Fox News.

Meskipun jenis kasus ini jarang terjadi, peneliti menyoroti sifat bola mata manusia yang sangat rapuh dan risiko yang melekat pada penggunaan lensa kontak, kata Dr. John Hovanesian, juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology.

Ilustrasi lensa kontak. (Sumber: Shuttertsock)
Ilustrasi lensa kontak. (Sumber: Shuttertsock)

Sementara kebanyakan orang dapat memakai lensa kontak dengan aman dengan tindakan pencegahan sederhana, mengambil risiko seperti memakainya dalam semalam atau mengenainya ke air itu layaknya berada di dalam mobil tanpa sabuk pengaman, kata Hovanesian.

"Sebagian besar waktu kamu akan lolos (tidak mengalami infeksi) begitu saja, tetapi jika sesuatu yang buruk terjadi, itu bisa menjadi jelek," katanya.

Menurut Hovanesian, lensa kontak dapat menyerap apa saja dan memerangkapnya di mata.

"Lensa kontak seperti spons kecil yang Anda masukkan ke mata Anda. Ini menyerap barang-barang dan menahannya dengan mata Anda, di mana lingkungan yang hangat dan lembap memberi waktu bagi jamur dan ameoba untuk tumbuh," tandasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini