Wanita

Punya Masalah Rambut Rontok? Ketahui Cara Menguatkan Akar Rambut

Perhatikan, ini hal-hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan untuk merawat kesehatan rambut.

Vika Widiastuti

Ilustrasi rambut rontok. (Pixabay/kalhh)
Ilustrasi rambut rontok. (Pixabay/kalhh)

Himedik.com - Apakah Anda memiliki masalah rambut rontok? Ya, hal ini memang menjengkelkan bahkan bisa memengaruhi penampilan jika terjadi parah. 

Sehingga tak heran, banyak wanita yang berupaya untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambutnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kekuatan rambut dilansir dari medicaldaily.

1. Hindari penggunaan alat panas di rambut

Tak bisa dipungkiri menggunakan alat-alat untuk mengeringkan dan meluruskan rambut akan berdampak bagi rambut. Namun, jika tak bisa menghindari penggunaan alat-alat tersebut, cobalah untuk mengatur gerakannya dan jangan pernah menempatkannya pada satu area terlalu lama.

Hindari pula pengaturan paling panas. Kalau bisa justru gunakan pelindung panas.

2. Fokus untuk mendapatkan kulit kepala yang sehat

Rambut yang sehat dimulai dari kulit kepala yang sehat. Memijat kulit kepala setiap hari dapat menumbuhkan rambut yang sehat. Bahkan penelitian menujukkan, memijat kulit kepala bisa merangsang folikel rambut Anda.

Hal tersebut memungkinkan rambut tumbuh lebih tebal dan kuat. Biasakan untuk memijat kulit kepala Anda setiap hari terutama saat keramas.

Ilustrasi alat penata rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi alat penata rambut. (Shutterstock)

3. Menyisir dengan cara yang Benar

Cara menyisir rambut ternyata bisa menyebabkan kerusakan jika tidak dilakukan dengan benar. Jadi jika Anda selama ini menyisir rambut dengan sembarangan, sebaiknya hal tersebut perlu dihentikan.

Beberapa yang perlu diperhatikan, seperti menyisir rambut dalam keadaan basah tidak disarankan. Namun, jika Anda menyisir dalam keadaan rambut basah, gunakan sisir bergigi lebar agar mudah meluncur.

4. Jangan mencuci rambut terlalu sering

Mencuci rambut terlalu sering bisa merusak rambut. Saat basah, helai rambut akan menyerap air dan meregangkannya. Akibatnya jadi lebih rentan mengalami kerusakan.

Berita Terkait

Berita Terkini