Wanita

Rambut Kemaluan Dapat Tumbuh ke Dalam, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Tidak perlu ke dokter untuk mengatasi rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi rambut kemaluan (Shutterstock)
Ilustrasi rambut kemaluan (Shutterstock)

Himedik.com - Rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam dapat menimbulkan benjolan, rasa sakit hingga gatal di area vagina.

Kondisi ini terjadi ketika rambut kemaluan terlipat kembali ke kulit di akar. Alih-alih tumbuh ke permukaan, rambut kemaluan tumbuh ke kulit karena mencukur, waxing atau mencabut.

Mencukur rambut kemaluan dapat menciptakan tepian tajam yang dapat masuk kembali ke kulit dan mulai tumbuh kembali di area tersebut. Sama halnya dengan mencabut yang dapat meninggalkan potongan rambut di bawah permukaan kulit.

Melansir Flo.Health, meski semua perempuan bisa mengalami hal ini, umumnya rambut kemaluan tumbuh ke dalam terjadi pada mereka dengan rambut keriting.

Dalam kebanyakan kasus, rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam hilang dengan sendirinya.

Tetapi, jika benjolan menjadi terlalu gatal atau sakit, ada banyak perawatan yang dapat dilakukan.

Ilustrasi kesehatan reproduksi perempuan, vagina.
Ilustrasi kesehatan reproduksi perempuan, vagina.

1. Hentikan mencukur atau menghilangkan rambut

Ingat, ini adalah penyebab utama rambut kemaluan tumbuh ke dalam yang terinfeksi. Jika Anda berhenti menghilangkan rambut kemaluan, Anda juga akan menurunkan kemungkinan terkena infeksi kulit.

2. Retinoid

Pakar kesehatan merekomendasikan produk turunan vitamin A ini sebagai obat untuk semua masalah kulit. Ini dapat mempercepat pembersihan sel-sel kulit dan membantu membersihkan bercak kulit gelap.

Untuk membeli retinoid, Anda perlu resep dari dokter. Produk ini tidak direkomendasikan jika Anda sedang hamil karena dapat membahayakan bayi.

3. Krim untuk mengurangi peradangan

Untuk mengurangi risiko infeksi, ada berbagai macam krim yang dapat membantu Anda menenangkan area yang gatal. Seperti krim anti gatal, lidah buaya, hidrokortison dan benzoil peroksida.

4. Mencabut rambut

Anda dapat mencoba mencabut rambut yang tumbuh ke dalam di area vagina keluar dari kulit menggunakan jarum steril dan pinset. Gunakan jarum untuk mengekuarkan ujung rambut dan pinset untuk menarik ujung rambut keluar dari kulit.

Pastikan ujungnya keluar dari kulit tanpa mencabut rambut yang tumbuh ke dalam. Jangan menggali kulit Anda karena ini dapat menyebabkan infeksi.

5. Kompres hangat

Perawatan benjolan besar lainnya yang tumbuh ke dalam rambut adalah menerapkan kompres hangat di area tersebut. Cukup ambil waslap bersih, letakkan di bawah air panas, dan tekan pada rambut yang tumbuh ke dalam selama 3-4 menit.

Berita Terkait

Berita Terkini