Selasa, 18 Februari 2020

Wanita 107 Tahun Sebut Menjadi Lajang adalah Kunci Panjang Umur, Yakin?

Ternyata pernyataan Louise ini didukung oleh sebuah survei ilmiah.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Louise Signore (YouTube/Eyewitness News ABC7NY)
Louise Signore (YouTube/Eyewitness News ABC7NY)

Himedik.com - Menurut Louise Signore, wanita yang baru saja berulang tahun ke-107, kunci umur panjang adalah menjadi seorang wanita lajang. Benarkah demikian?

"Aku pikir rahasia usia 107 aku adalah tidak pernah menikah. Kakak perempuanku mengatakan 'aku berharap aku tidak pernah menikah'," ujar Signore.

Temannya, Deborah Whitaker, mengatakan Louise merupakan wanita yang kuat.

"Dia tak menggunakan tongkat, tidak menggunakan kursi roda. Dia belanja sendiri. Dia luar biasa," tutur Whitaker, seperti dilansir dari World of Buzz.

Wanita yang lahir di Manhattan itu dengan bangga mengungkapkan dirinya masih sering menari setiap hari dan memainkan bocce, permainan bola Roma Kuno.

Ternyata, menurut survei ilmiah, wanita lajang memang dianggap dapat hidup lebih lama.

Ilustrasi perempuan lajang. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan lajang. (Shutterstock)

Menurut seorang profesor ilmu perilaku di London School of Economics, Paul Dolan, wanita yang tak pernah menikah dan tidak mempunyai anak adalah golongan paling puas dan hidup lebih lama dari rekan mereka yang sudah menikah.

Dolan, seorang penulis 'Happy Ever After: Escaping the My Perfects of Perfect Life', menganalisis data dari American Time Use Survey (ATUS) dan menemukan kesehatan wanita sebagian besar tak terpengaruh oleh perkawinan, berbeda dengan pria.

Hasil survei mereka juga mengungkapkan wanita yang menikah di usia paruh baya melaporkan lebih banyak masalah mental dan fisik ketimbang yang lajang.

Ilustrasi perempuan sebagai anak pertama. (Unsplash/Ayo O)
Ilustrasi perempuan bahagia melajang. (Unsplash/Ayo O)

Terlepas dari kenyataan bahwa tak pernah menikah mungkin lebih baik bagi wanita secara keseluruhan, masih ada stigma yang berkaitan dengan menjadi lajang, imbuh Dolan, dilansir dari Fox News.

"Anda melihat seorang wanita lajang berusia 40 tahun, yang tak pernah memiliki anak (pasti Anda akan berpikir), 'Ya Tuhan, itu memalukan, bukan? Mungkin suatu hari nanti Anda akan bertemu pria yang tepat dan itu akan berubah'," papar Dolan.

"Tidak, mungkin dia (justru) akan bertemu pria yang salah dan itu akan berubah. Mungkin dia bakal bertemu pria yang membuatnya kurang bahagia dan sehat, dan lebih cepat mati," kata dia melanjutkan.

Terkait

Terkini