Wanita

Dokter Angkat Tumor Langka di Jantung Wanita 60 Tahun, Begini Kondisinya!

Proses pembedahan berjalan selama 30 menit dan membutuhkan 3 dokter spesialis bedah jantung untuk mengangkat tumor tersebut.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi operasi - (Pixabay/sasint)
Ilustrasi operasi - (Pixabay/sasint)

Himedik.com - Menjaga jantung agar tetap sehat adalah keharusan. Jangan sampai kejadian seperti wanita ini terulang kepada kita.

Seorang pasien wanita berusia 60 tahun, bernama Harpyari, berhasil menjalani operasi pengangkatan tumor langka yang berada di jantungnya.

Operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis bedah di Rumah Sakit Jawaharlal Nehru Medical College Universitas Muslim Aligarh.

Proses pembedahan ini dilakukan menggunakan alat penghentian detak jantung selama 30 menit, sementara mesin bypass kardiopulmoner tetap dipasangkan pada Harpyari agar tetap hidup.

"Tumor telah berhasil diangkat dan jantung pasien direkonstruksi," kata Dr Sumit Singh, salah satu dokter bedah yang menangani Harpyari.

Ia menambahkan, setelah operasi sukses, pasien langsung dipulangkan namun masih harus selalu kontrol untuk tindak lanjut.

Operasi bedah [shutterstock]
Operasi bedah [shutterstock]

"Kami tahu dari tahap perencanaan dan diagnosis bahwa tumor yang mengancam jiwa dapat secara signifikan mengurangi aliran darah melalui jantung," tambah Dr Mohd Azam Haseen, Ketua dari Departemen Bedah Jantung, melansir The Health Site.

Intervensi operasi ini direncanakan oleh mantan Wakil Rektor AMU Pro dan ahli bedah kardiotoraks, Prof MH Beg.

Sebelum melakukan pembedahan, salah seorang dokter bernama Dr Nadeem Raza memberikan anestesi kepada pasien.

Sayangnya, dokter tidak menjelaskan jenis dari tumor langka yang berkembang di jantung Harpyari.

Berita Terkait

Berita Terkini