cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 03 Agustus 2020

Posisi Bayi Ayu Dewi Sungsang Jelang Persalinan, Coba Olahraga Seperti ini!

Ada beberapa olahraga atau latihan fisik yang membantu bayi sungsang seperti Ayu Dewi.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ayu Dewi jelang persalinan (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Ayu Dewi jelang persalinan (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Himedik.com - Kehamilan Ayu Dewi sudah memasuki usia 9 bulan, sebentar lagi ia akan melahirkan anak ketiganya. Jelang persalinan, Ayu Dewi merasa deg-degan karena posisi bayinya sungsang.

Apalagi setelah dokter menyarankan Ayu Dewi menjalani persalinan operasi caesar. Karena, posisi bayi Ayu Dewi masih sungsang atau belum berputar ke bawah mulut rahim di usia kehamilan 9 bulan.

"Iya agak beda, sih. Kalau yang sekarang si Ayu lagi deg-degan karena ada kemungkinan mau lahirnya harus operasi. Ada kemungkinan, kan kalau yang berdua ini normal kan. Yang ini kayaknya beda bayinya," kata Regi Datau, suami Ayu saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (22/9/2019) kemarin.

Dokter pun sempat menyarankan Ayu Dewi melakukan posisi duduk nungging agar posisi kepala bayinya berubah atau berputar ke bawah rahim.

"Itu belum apa, kan ini harusnya muter udah kepalanya kan. Nah, ini kepala nya masih di atas, jadi ada kemungkinan. Jadi lagi mempersiapkan diri. Jadi beda makanya hamil yang sekarang ini," ungkapnya.

Tepat sebelum kelahiran, sebagian besar bayi berada dalam posisi pertama di rahim ibu. Terkadang, bayi berada di posisi paling bawah pertama (atau kaki pertama). Kondisi ini disebut kelahiran sungsang atau bayi sungsang.

Posisi tidur ibu hamil (Pixabay/alessandraamendess)
Posisi tidur ibu hamil (Pixabay/alessandraamendess)

Dalam beberapa kasus, biasanya posisi bayi akan berubah sendiri menjelang persalinan. Tetapi, ada pula yang posisi bayinya tidak berputar.

Melansir dari Spinning Babies, ada 3 latihan fisik yang bisa dilakukan untuk memutar posisi bayi sungsang secara alami.

1. Knee chest

Ambil posisi nungging di lantai dengan kedua lutut dibuka lalu dekatkan dada ke lantai. Lakukan posisi ini selama 30 detik sebanyak 5-7 kali. Latihan fisik seperti ini dipercaya mampu memutar posisi kepala bayi turun ke mulut rahim.

Ilustrasi melahirkan (Pixabay/9092)
Ilustrasi melahirkan (Pixabay/9092)

2. Breech tilt

Anda juga bisa mengambil posisi telentang dengan kaki ditekuk atau menempel di dinding. Lalu, angkat pinggul hingga 40-45 derajat dengan posisi tangan tetap menempel di lantai. Posisi breech tilt ini dipercaya bisa memutar kepala bayi.

3. Wide crawling

Ambil posisi nungging atau seperti bayi merangkak selama 20 menit. Tetapi, Anda perlu menaruh bantal atau semacamnya di bawah lutut untuk melindunginya. Lakukan posisi ini secara rutin agar posisi bayi Anda berputar jelang persalinan.

Terkait

Terkini