Wanita

USG Itu Penting, Jangan Sampai Terjadi Seperti Wanita Ini

Tidak pernah USG, perempuan ini kaget saat melahirkan bayi kembar siam dengan kondisi bertangan tiga dan berkaki empat.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi hamil. (Pixabay/Skitterphoto)
Ilustrasi hamil. (Pixabay/Skitterphoto)

Himedik.com - Perempuan asal India bernama Raju Gurjar telah melahirkan bayi laki-laki dan bayi kembar siam perempuan. Bayi kembar siam tersebut memiliki tangan tiga dan kaki empat pada Jumat (20/9/2019).

"Bayi laki-lakinya normal, tetapi bayi perempuannya lahir dalam kondisi kembar siam," kata Dr Rohitesh Meena, dokter bedah yang menangani perempuan 24 tahun itu.

Dokter mengatakan hal ini tidak terprediksi lantaran Raju dan suaminya, Badhulal Gurjar, tidak pernah memeriksakan kandungannya dengan ultrasonografi (USG).

"Mereka tertekan setelah kelahiran putrinya," lanjut Dr Meena, melansir The Sun.

Berkaca dari kasus ini, ibu hamil seharusnya tahu pentingnya pemeriksaan USG.

Ilustrasi bayi kembar identik (Pixabay/3194556)
Ilustrasi bayi kembar identik (Pixabay/3194556)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan USG sebelum usia kandungan 24 minggu.

Tujuannya adalah untuk memperkirakan usia kehamilan, meningkatkan deteksi anomali janin dan kehamilan ganda (kembar), mengurangi induksi persalinan untuk kehamilan post-term, serta meningkatkan pengalaman kehamilan wanita.

Pemeriksaan USG juga tidak menyebabkan rasa sakit apapun.

Selama tes sonogram ini, dokter akan menggunakan transduser plastik untuk mengirimkan gelombang suara frekuensi tinggi melalui rahim.

Gelombang suara akan mengirimkan sinyal kembali ke mesin yang mengubahnya menjadi gambar janin Anda.

Melansir Parents.com, pemeriksaan USG setiap trimester memiliki tujuan yang berbeda dan tergantung pada perkembangan janin.

Dr Meena menjelaskan, untuk menyelamatkan bayi kembar siam tersebut, timnya akan mengirim sang bayi ke Jaipur untuk menjalani operasi pengangkatan tambahan tangan dan kakinya itu.

Berita Terkait

Berita Terkini