Jum'at, 13 Desember 2019

Jangan Diabaikan, Bibir Pecah-Pecah Bisa Jadi Tanda Kekurangan Vitamin B6!

Tubuh tidak memproduksi vitamin ini sehingga Anda bisa mendapatkannya dari makanan atau suplemen.

Vika Widiastuti
Ilustrasi bibir kering, mulut kering. (Shutterstock)
Ilustrasi bibir kering, mulut kering. (Shutterstock)

Himedik.com - Selain terasa perih dan tidak nyaman, bibir pecah-pecah juga menganggu penampilan. Banyak yang mencoba mengatasinya menggunakan produk perawatan bibir. Namun, apakah itu cukup?

Dalam beberapa kasus, bisa saja bibir pecah-pecah berkaitan dengan kesehatan, seperti kekurangan vitamin B6. Vitamin B6 membantu metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Ini juga membantu mencegah risiko berbagai penyakit kronis.

Vitamin ini juga membantu dalam memproduksi sel darah merah. Tubuh tidak memproduksi vitamin ini sehingga Anda bisa mendapatkannya dari makanan atau suplemen.

Kekurangan vitamin ini akan menimbulkan beberapa gejala. Anda harus mulai berkonsultasi dengan dokter saat tidur, nafsu makan, dan suasana hati telah terganggu. Berikut beberapa gejala Anda mengalami kekurangan vitamim B6 seperti dilansir dari thehealthsite.

1. Kelelahan

Kelelahan setelah bekerja atau beraktivitas seharian merupakan hal yang normal. Namun, saat Anda merasa lelah hampir sepanjang hari, bisa jadi itu tanda kekurangan vitamin B6. Jangan menyepelekan hal ini karena terus-menerus mengabaikannya bisa menyebabkan anemia.

Ilustrasi kelelahan, capek, PMS, Pusing, Sakit Perut. (Shutterstock)
Ilustrasi kelelahan, capek, PMS, Pusing, Sakit Perut. (Shutterstock)

 

2. Ruam pada kulit

Tanda tubuh kekurangan vitamin B6 juga terlihat pada wajah. Wajah akan mengalami ruam dan tampak bersisik dan bisa bertambah parah jika Anda terus kekurangan asupan B6.

3. Sistem kekebalan tubuh

Jika Anda sering sakit berarti sistem kekebalan tubuh sedang lemah dan tidak mampu melawan infeksi dan penyakit. Kekurangan vitamin B6 bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh lebih lemah. Selain itu, tubuh juga berisiko mengalami penyakit serius seperti kanker.

4. Tangan kebas

Kekurangan vitamin B6 bisa menyebabkan mati rasa pada tangan dan kaki. Hal ini karena vitamin B6, sama seperti B12 yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan saraf Anda.

Jika kadar vitamin ini kurang dalam tubuh, maka orang kemungkinan mengalami gangguan saraf yang menyebabkan kaki dan tangan mati rasa.

Ilustrasi telapak kaki sakit. (Shutterstock)
Ilustrasi telapak kaki sakit. (Shutterstock)

 


5. Bibir kering

Kekurangan vitamin B6 juga memengaruhi mulut dan sekitarnya. Bisa saja mulut dan lidah menjadi kering, bibir pecah-pecah dan bersisik.

Selain itu, sudut-sudut mulut mengering dan bisa berdarah jika sudah parah. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami hal ini. Mengonsumsi supleman bisa jadi tepat untuk mengatasinya.

Terkait

Terkini