Selasa, 12 November 2019

Kenali Gangguan Narsistik yang Diidap Ibu Joker, Penny Fleck!

Dalam film Joker ibu angkat Arthur, Penny Fleck, mengidap dua gangguan mental, yaitu delusional dan narsistik.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Joker (YouTube/Warner Bros)
Joker (YouTube/Warner Bros)

Himedik.com - Film Joker yang beberapa hari ini menjadi bahan perbincangan panas di medis sosial, mengisahkan tentang kehidupan pria komedian bernama Arthur Fleck.

Lebih dari itu, 'Joker' juga mengungkapkan bagaimana Arthur mengalami gangguan mental yang mana semua itu disebabkan oleh masa kecilnya.

Sejak kecil, Arthur ternyata mengalami kekerasan fisik. Tragisnya, kekerasan ini dilakukan oleh perempuan yang telah mengadopsinya, Penny Fleck.

Diketahui ibu angkat dari Arthur ini juga mengidap gangguan mental, yaitu delusional serta narsisme.

Seseorang dengan Narcissistic Persaonality Disorder (NPD) atau gangguan kepribadian narsistik umumnya menyukai ketika dirinya mendapatkan citra diri yang ideal.

Arthur dan ibunya, Penny Fleck (YouTube/Warner Bros)
Arthur dan ibunya, Penny Fleck (YouTube/Warner Bros)

 

Kondisi ini melibatkan pola pemikiran dan perilaku mementingkan diri sendiri, arogan, kurangnya empati dan pertimbangan untuk orang lain.

Melansir Help Guide Organizations, penderita gangguan ini juga memiliki kebutuhan yang berlebihan akan kekaguman.

Cara berpikir dan berperilaku seperti ini dapat muncul di setiap bidang kehidupan narsisistik, mulai dari pekerjaan, persahabatan, keluarga hingga cinta.

Orang dengan gangguan kepribadian narsisme cenderung sulit mengubah perilaku mereka, bahkan ketika itu menyebabkan masalah bagi mereka.

Kecenderungan mereka adalah untuk menyalahkan orang lain. Terlebih lagi, mereka sangat sensitif dan bereaksi buruk terhadap kritik, perselisihan, atau tanggapan kecil, yang mereka anggap sebagai serangan pribadi.

Terkait

Terkini