Wanita

Kenali Gejala BPD, Gangguan Kepribadian yang Dialami Ariel Tatum

Ariel Tatum mengaku idap Borderline Personality Disorder (BPD), apa itu?

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ariel Tatum [Suara.com/Sumarni]
Ariel Tatum [Suara.com/Sumarni]

Himedik.com - Ariel Tatum mengungkapkan dirinya mengalami gangguan kepribadian, yaitu Borderline Personality Disorder (BPD). Gangguan ini membuat pengidapnya mengalami perasaan, mood dan perilaku yang tidak menentu.

BPD pada Ariel Tatum ternyata disebabkan oleh tekanan pekerjaan yang sudah ia dapatkan sejak kecil.

"Tekanan (kerja dari kecil) menurut aku iya, seperti yang tadi aku bahas dari body shaming tekanan banget menurut aku. Aku ada di dunia industri dari aku 5 SD," kata Ariel Tatum di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019) dikutip dari Suara.com.

Selain itu, komentar negatif yang didapatkannya juga memengaruhi kesehatan mental gadis 22 tahun ini.

Berdasarkan National Institute of Mental Health, gejala dari BPD dapat berlangsung selama beberapa jam hingga berhari-hari. Umumnya gejala ini muncul selama masa remaja atau dewasa awal.

Orang dengan gangguan kepribadian ini mungkin mengalami perubahan suasana hati dan menunjukkan ketidakpastian tentang bagaimana mereka melihat diri mereka sendiri.

Ariel Tatum. (@arieltatum/instagram)
Ariel Tatum. (@arieltatum/instagram)

Tidak hanya itu, pengidap BPD juga cenderung melihat hal-hal secara ekstrem, seperti semua itu ditentukan berdasarkan baik atau buruk. Pendapat mereka juga bisa berubah secara cepat.

Misalnya, seseorang yang hari sebelumnya dianggap sebagai teman bisa berubah menjadi 'musuh' atau 'penghianat' di hari berikutnya bagi pengidap BPD.

Perubahan perasaan ini dapat menyebabkan hubungan yang intens dan tidak stabil.

Untungnya, Ariel mengaku langsung menemui psikiater saat sadar dirinya mengalami gangguan mental. Dan ia menyadarinya saat berusia 13 tahun.

Ariel mengungkapkan, gangguan BPD yang rasakannya sekarang tidak separah dahulu.

"Masih berobat. Karena itu satu hal yang harus di maintenance mungkin sekarang udah nggak se-Minggu sekali, parahnya bisa se-Minggu dua kali," sambung Ariel.

"Untuk sekarang maintenance aja paling sebulan sekali kebetulan aku sama dokter Riza ada hubungan yang dekat jadi ngasih update. Kayak gimana Minggu ini, setiap update ada apa. Aku selalu update," tandasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini