Selasa, 12 November 2019

Penting, Lakukan 5 Hal Ini Setelah Kehujanan

Jangan biarkan tubuh tetap basah setelah kehujanan.

Yasinta Rahmawati
Ilustrasi hujan (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi hujan (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Memasuki musim hujan, payung atau jas hujan harus selalu tersedia agar tubuh tidak basah kuyup. Namun ada kalanya, kita lupa membawa dua hal penting tersebut dan merelakan tubuh kehujanan.

Karena air hujan sudah terkontaminasi kuman dan polusi, maka tidak heran setelah kehujanan, tubuh akan mengalami demam, pusing hingga flu.

Namun ada beberapa cara untuk menghindari penyakit tersebut. Seperti dirangkum dari Boldsky, berikut hal yang harus dilakuan setelah kehujanan.

1. Singkirkan semua pakaian basah
Ketika sampai di rumah dalam kondisi basah kuyup, segera singkirkan pakaian basah, termasuk kaus kaki dan pakaian dalam. Hal ini untuk menghindari kelembapan meresap ke paru-paru.

2. Cuci kaki
Hujan tidak hanya datang membawa air, tapi juga menyebabkan genangan air dan jalan berlumpur. Tentunya, kaki akan menyeret semua kuman dari tempat-tempat tersebut. Maka dari itu, rendam kaki dalam air panas dan gosok dengan garam untuk menghilangkan kuman.

Ilustrasi hujan duit. (Shutterstock)
Ilustrasi hujan. (Shutterstock)

 

3. Mandi air panas
Mandi air panas adalah cara terbaik untuk menghilangkan semua kuman dan infeksi yang mungkin Anda alami setelah kehujanan. Selain itu, air hangat akan menstabilkan suhu tubuh.

4. Gunakan sabun antiseptik
Singkirkan dulu semua sabun kecantikan dengan semua wanginya. Ketika membasuh tubuh saat mandi, lebih baik gunakan sabun antiseptik untuk membunuh infeksi yang mungkin berkembang.

5. Gunakan pelembap
Kulit Anda mungkin menjadi sangat kering setelah terkena hujan. Jadi gunakan minyak atau pelembap tubuh untuk mencegah masalah kulit seperti kering dan gatal.

Terkait

Terkini