Selasa, 12 November 2019

Perlu Tahu, 5 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh Perempuan

Makanan ini dipercaya baik untuk kesehatan wanita.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Muntah 100 Kali Sehari, Ini yang Sebenarnya Dialami Wanita 31 Tahun. (Shutterstock)
Muntah 100 Kali Sehari, Ini yang Sebenarnya Dialami Wanita 31 Tahun. (Shutterstock)

Himedik.com - Anda pasti sudah memahami bahwa nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Namun, mungkin masih sedikit orang yang memahami nutrisi yang dibutuhkannya.

Khususnya wanita, mereka memiliki kebutuhan nutrisi khusus untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang berisiko pada perempuan, seperti kanker payudara, ovarium hingga penyakit lain yang berhubungan dengan organ intim.

Melansir dari WebMD, adapun makanan yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan perempuan.

1. Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak termasuk makanan probiotik yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Para ahli mengataan bahwa yogurt dapat mengurangi risiko kanker payudara,

Selain itu, yogurt juga bisa mengurangi masalah sindrom iritasi usus dan gangguan radang saluran pencernaan, yakni dua kondisi yang bisa berdampak besar pada wanita.

Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)
Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)

2. Kacang

Kacang rendah lemak merupakan sumber protein dan serat yang baik sekaligus memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker payudara.

Kacang juga bisa berperan dalam menstabilkan hormon wanita. Dalam studi International Journal of Cancer pun menemukan bahwa kacang memiliki kandungan yang memberikan efek perlindungan terhadap kanker payudara.

3. Tomat

Tomat juga termasuk buah kaya nutrisi yang disebut likopen. Penelitian mengungkapkan bahwa tomat memberikan manfaat kesehatan luar biasa untuk wanita, khususnya mencegah kanker payudara.

Bahkan, antioksidan dalam tomat juga bisa melindungi wanita dari risiko penyakit jantung.

Ilustrasi jus tomat. (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi jus tomat. (Pixabay/rawpixel)

4. Susu rendah lemak atau jus jeruk

Vitamin D dalam susu rendah lemak atau jus jeruk juga mengurangi risiko osteoporosis, diabetes, multiple sclerosis, tumor payudara, usus besar dan ovarium.

Penelitian terbaru dari University of California San Diego juga menemukan bahwa vitamin D memiliki manfaat dalam mencegah risiko kanker payudara dan ovarium.

5. Ikan berlemak seperti salmon

Asam lemak omega 3 dalam ikan seperti salmon memainkan peran penting dalam kesehatan membran setiap sel dalam tubuh. Kandungan dalam ikan tersebut juga membantu melindungi kita dari sejumlah ancaman kesehatan.

Beberapa ancaman itu termasuk penyakit jantung, stroke, hipertensi, depresi, nyeri sendiri dan sejumlah penyakit lainnya.

Terkait

Terkini