Rabu, 13 November 2019

Akibat Perawatan Kesuburan, Nenek 67 Tahun Masih Bisa Hamil secara Alami

Seoarng nenek 67 tahun bisa mengandung dan melahirkan anak perempuan setelah rutin perawatan kesuburan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi lansia bahagia. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi lansia bahagia. (pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Tian, nenek 67 tahun asal Cina melahirkan anak perempuan yang menghebohkan publik. Apalagi nenek satu ini diketahui mengandung bayi perempuannya secara alami.

Tian yang mestinya sudah memasuki masa menopause di usia 67 tahun seolah tak mungkin bisa memiliki anak secara alami. Apalagi suaminya juga sudah berusia 68 tahun, tetapi pasangan lansia ini tiba-tiba dikaruniai seorang anak perempuan.

Nenek ini melahirkan bayi perempuannya dalam kondisi selamat di Rumah Sakit Bersalin dan Kesehatan Anak Zaozhuang.

Menurut Liu Chengwen, kepala dokter rumah sakit, Tian punya kondisi ovarium yang memang tak biasa seperti wanita seumurannya.

"Saat kami memeriksa sistem reproduksinya selama persalinan. Kami menemukan bahwa kondisi ovariumnya tidak seperti kebanyakan wanita seumurannya yang sudah menurun. Kondisi ovarium Tian justru terlihat seperti wanita usia 40 tahunan," kata Liu Chengwen, dikutip dari People.

Setelah diselidiki, rupanya nenek itu menggunakan perawatan kesuburan tradisional Tiongkok yang membuatnya bisa hamil secara alami.

Ilustrasi bayi. (Shutterstock)
Ilustrasi bayi. (Shutterstock)

Walau begitu, bukan berarti kehamilan nenek 67 tahun yang terjadi secara alami ini tidak disertai masalah apapun. Ia tetap mengalami komplikasi kehamilan, seperti gagal jantung, liver, dan ginjal yang abnormal.

Tian juga mengalami preeklampsia, komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Kondisi itulah yang menyebabkan pembengkakan di wajah dan tangannya hingga komplikasi fatal.

"Kami memberinya perawatan terapeutik khusus dan rencana darurat, mengumpulkan tim yang terdiri dari dokter dan bagian penyakit dalam, bedah, kebidanan, gizi dan departemen lain untuk melakukan pemantauan selama persalinan," terang Liu.

Ilustrasi pasangan kakek nenek. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan kakek nenek. (Shutterstock)

Pada akhirnya, bayi perempuan Tian lahir selamat dengan berat badan 2,5 kg melalui operasi caesar. Persalinan ini juga menobatkan Tian sebagai wanita tertua yang mengandung dan melahirkan anak perempuan.

Sementara itu, huang, suami Tian, mengungkapkan mereka sebelumnya telah memiliki 2 anak. Bahkan, mereka juga sudah memiliki banyak cucu dan yang tertua berusia 18 tahun.

Terkait

Terkini