Wanita

Kimberly Ryder Alami Kaki Bengkak selama Hamil, Ketahui Penyebabnya!

Kaki bengkak selama masa kehamilan sangatlah normal.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Kimberly Ryder (Suara.com/Vessy Frizona)
Kimberly Ryder (Suara.com/Vessy Frizona)

Himedik.com - Usia kehamilan pertama Kimberly Ryder sudah memasuki bulan ke-8. Kimberly Ryder pun mulai mengalami kaki bengkak selama kehamilan seperti wanita hamil pada umumnya.

Dalam kondisi hamil tua dan kaki bengkak, Kimberly Ryder pun tetap melakukan perjalanan jauh ke Inggris. Meskipun ia tak memungkiri sempat merasa lelah hingga kakinya bengkak selama perjalanan jauh 30 jam.

"Sudah 12 jam penerbangan. Akhirnya kita nonton Avengers: Endgame juga. Sebentar lagi sampai. Pengalaman sebagai perempuan hamil besar dalam perjalanan ini, capek sih lumayan ya, kakinya bengkak banget," kata Kimberly Ryder dikutip dalam kisah perjalanannya menuju Inggris, melalui chanel YouTube miliknya.

Kimberly berusaha mengatasi rasa lelah dan kakinya yang bengkak dengan melakukan gerakan serta berjalan di dalam pesawat. Gerakan fisik kecil di pesawat itu bisa mengurangi rasa lelahnya.

Sebagian besar ibu hamil pasti akan mengalami pergelangan kaki dan kaki bengkak seperti Kimberly Ryder. Kondisi ini wajar terjadi selama kehamilan meski membuat tidak nyaman, malu atau sepatu terasa lebih ketat.

Liburan Kimberly Ryder dan Edward Akbar di Bali (instagram.com/edward_akbar)
Liburan Kimberly Ryder dan Edward Akbar di Bali (instagram.com/edward_akbar)

Melansir dari Pregnancy Birth Baby, ada 3 alasan utama yang membuat ibu hamil mengalami pembengkakan kaki selama masa kehamilan.

  • Sepanjang kehamilan, Anda menghasilkan lebih banyak darah dari biasanya untuk membantu perkembangan bayi.
  • Saat bayi berkembang, rahim Anda menekan dan sedikit menghalangi pembuluh darah yang mengembalikan darah dari kaki ke jantung.
  • Hormon hamil membuat dinding vena lebih lembut, yang membuatnya lebih sulit untuk bekerja dengan baik. Karena itu, darah cenderung menumpuk di kaki. Lalu, sejumlah darah bocor melalui pembuluh darah kecil dan menyebabkan pembengkakan kaki.

 

Penyebab kaki bengkak. (Shutterstock)
Ilustrasi kaki bengkak. (Shutterstock)

Umumnya, pembengkakan terjadi di kaki dan pergelangan kaki. Tapi, pembengkakan ada kalanya mengindikasikan kondisi yang lebih serius. Oleh karenanya, Anda perlu mengunjungi dokter jika terjadi beberapa kondisi berikut ini :

  • Pembengkakan tidak berkurang setelah istirahat lama
  • Wajah dan tangan bengkak
  • Pembengkakan lebih parah dari yang sebelumnya terjadi

Pasalnya, pembengkakan seperti itu bisa jadi tanda peringatan preeklampsia, yakni tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kehamilan. Kondisi ini bisa menjadi lebih serius untuk bayi dalam kandungan dan Anda sendiri. Jadi, segera hubungi dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini