Rabu, 13 November 2019

Kaki Kimberly Ryder Bengkak saat Hamil, Ini 5 Cara Alami Mengatasinya

Kaki bengkak saat hamil bisa diatasi dengan cara alami di rumah.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Kimberly Ryder (Suara.com/Vessy Frizona)
Kimberly Ryder (Suara.com/Vessy Frizona)

Himedik.com - Memasuki trimester akhir kehamilan pertamanya, Kimberly Ryder mengaku beberapa kali kakinya bengkak. Kimberly Ryder juga mengalami pembengkakan kaki selama melakukan perjalanan jauh ke Inggris.

"Sudah 12 jam penerbangan. Akhirnya kita nonton Avengers: Endgame juga. Sebentar lagi sampai. Pengalaman sebagai perempuan hamil besar dalam perjalanan ini, capek sih lumayan ya, kakinya bengkak banget," kata Kimberly Ryder melalui chanel YouTubenya.

Kimberly pun berusaha mengatasi rasa lelah dan kaki bengkak saat hamil dengan berjalan-jalan di dalam pesawat. Sesekali Kimberly juga melakukan gerakan fisik kecil untuk meringankan pembengkakan kakinya.

Seperti yang diketahui, kaki bengkak selama kehamilan yang sedang dialami Kimberly Ryder sangat umum terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini seringkali membuat ibu jadi tidak nyaman, terasa sempit saat pakai sepatu dan terkadang kesulitan bergerak.

Melansir dari Healthline, adapun cara mengatasi kaki bengkak selama hamil dengan bahan-bahan alami rumahan antara lain:

Kimberly Ryder Pulang Kampung ke Inggris
Kimberly Ryder Pulang Kampung ke Inggris

1. Kurangi asupan natrium

Salah satu cara mengatasi pembengkakan kaki selama kehamilan dengan membatasi asupan natrium. Hal itu karena garam membuat tubuh menahan air ekstra.

2. Tingkatkan asupan kalium

Konsumsi makanan tinggi kalium dapat mengatasi pembengakakan kaki selama kehamilan. Beberapa makanan yang tinggi kalium seperti kentang, ubi jelar, pisang, bayam, kacang dan yogurt.

3. Kurangi asupan kafein

Tingginya asupan kafein selama hamil tidak hanya membahayakan kondisi bayi dalam kandungan, tetapi juga memperburuk pembengkakan kaki. Cobalah konsumsi kopi tanpa kafein dengan susu atau teh herbal untuk menambah energi.

Penyebab kaki bengkak. (Shutterstock)
Penyebab kaki bengkak. (Shutterstock)

4. Minum banyak air

Minum lebih banyak air selama hamil bisa mengatasi pembengkakan kaki secara alami. Tubuh yang dehidrasi akan menahan lebih banyak cairan.

Jadi, cobalah minum air setidaknya 10 gelas setiap hari untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh tetap terhidrasi selama kehamilan.

5. Kenakan pakaian longgar dan nyaman

Pakaian ketat, terutama di pergelangan tangan, pinggang dan kaki bisa membuat pembengkakan lebih parah. Pada dasarnya, pekaian ketat membuat darah tidak mudah bersirkulasi. Jadi cobalah menggunakan pakaian longgar selama kehamilan.

Terkait

Terkini