Selasa, 18 Februari 2020

Ketahui Keuntungan Pengobatan Kemoterapi Oral yang Dijalani Ria Irawan

Kemoterapi oral yang dijalani oleh Ria Irawan ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai pengobatan kanker.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ria Irawan (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Ria Irawan (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Himedik.com - Kondisi Ria Irawan dikabarkan sedang menurun karena kanker yang dideritanya. Dewi Irawan, kakak Ria Irawan pun mengatakan bahwa sekarang ini adiknya sedang menjalani pengobatan kemoterapi oral.

Dalam sehari, Ria Irawan harus mengonsumsi 5 obat kemoterapi yang dipisah 2 kapsul pagi hari dan 3 kapsul untuk malam. Dewi Irawan mengatakan adiknya Ria iRawan harus menjalani kemoterapi oral ini selama 6 bulan.

"Kondisi adik saya sekarang bisa dibilang masih drop, sekarang Ria pengobatannya lagi oral kemoterapi. Ya kadang-kadang Ria masih ngeluh sakit, kayak pegang kepalanya. Ya kondisinya sih berat, mohon doanya aja sih ya. Semoga Allah kasih mukzizat, bisa diangkat penyakitnya," kata Dewi Irawan dalam video yang diunggah ke akun Instagram Ria Irawan.

Perlu diketahui kemoterapi oral adalah kemoterapi dalam bentuk pil untuk membunuh atau melemahkan sel kanker. Seperti halnya obat resep dokter lainnya, kemoterapi oral ini bisa dilakukan di rumah.

Kemoterapi oral dapat membuat seseorang merasa seolah-olah memiliki kontrol lebih besar atas perawatan mereka. Obat-obatan ini biasanya berbentuk pil, tetapi bisa juga tersedia dalam bentuk cairan atau tablet yang larut di bawah lidah.

Dewi Irawan mengungkap foto terbaru Ria Irawan. Dari foto tersebut terlihat Dewi Irawan membantu Ria Irawan minum obat. [Instagram]
Dewi Irawan mengungkap foto terbaru Ria Irawan. Dari foto tersebut terlihat Dewi Irawan membantu Ria Irawan minum obat. [Instagram]

Melansir dari Medical News Today, adapun keuntungan dan kekurangan kemoterapi oral seperti yang dijalani oleh Ria Irawan.

Keuntungan kemoterapi oral

Banyak orang lebih nyaman kemoterapi oral dibandingkan intervena karena perawatan ini bisa dilakukan di rumah. Sehingga orang tidak harus berpergian jauh ke rumah sakit, lebih banyak waktu istirahat di rumah dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berbeda dengan kemoterapi intervena yang harus dilakukan di rumah sakit. Bahkan metode ini bisa jadi pilihan ketika orang fobia jarum, mudah memar atau vena sulit dideteksi.

Kekurangan kemoterapi oral

Pasien kanker yang menjalani kemoterapi oral harus mendapatkan dosis yang tepat di waktu yang tepat. Salah satu kelemahan kemoterapi oral adalah seseorang mungkin saja lupa untuk meminum obatnya di waktu yang tepat.

Ketika seseorang tidak minum obat kemoterapi berdasarkan saran dokter mungkin akan mengalami masalah seperti pengobatan kurang efektif, efek sampingnya lebih buruk dan dosis mungkin sangat tinggi karena minum pil terlalu dekat.

Terkait

Terkini