Selasa, 10 Desember 2019

Bahaya! Ibu Hamil Jangan Sembarangan Minum Jus Tebu

Ternyata jus tebu tidak selalu baik dan bermanfaat untuk ibu hamil.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Proses pembuatan jus tebu (Pixabay/@hoeldino)
Proses pembuatan jus tebu (Pixabay/@hoeldino)

Himedik.com - Jus tebu memang salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat kesehatan selama kehamilan. Tetapi, ibu hamil ternyata tidak boleh sembarang mengonsumsi jus tebu.

Menurut dr. Kang Wee, konsultan senior dokter kandungan dan ginekolog di Kang Clinic for Women. dilansir dari Young Parents, ibu hamil tidak boleh minum jus tebu karena mudah terkontaminasi bakteri.

"Kadar gula yang tinggi lebih memungkinkan lalat mencemari air tebu. Selain itu, Anda juga tidak bisa menjamin kebersihan penyimpanan, proses pembuatan, pisau pemotong dan saringannya yang mungkin tidak dicuci rutin," jelasnya.

Meski begitu, ada pengecualian jika Anda membuat jus tebu sendiri sehingga bisa menjamin kebersihannya. Karena itu, dilansir dari Parenting.firstcry.com, adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi jus tebu selama hamil:

Ilustrasi proses pembuatan jus tebu (Pexels/Adrienne Andersen)
Ilustrasi proses pembuatan jus tebu (Pexels/Adrienne Andersen)
Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)

Jus tebu memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar bagi Anda selama kehamilan. Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda sudah pasti boleh minum jus tebu, apalagi dalam jumlah banyak. Karena itu, Anda disarankan konsultasi dengan dokter sebelum minum jus tebu selama kehamilan.

Terkait

Terkini