cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Belajar dari Ibu Nunung, Jangan Sepelekan Gejala Awal Kanker Lidah

Mengenal gejala-gejala kanker lidah, penyakit yang sedang diderita oleh ibu Nunung sekarang.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Nunung dan suaminya saat menjalani persidangan kasus narkoba [Suara.com/Arya Manggala]
Nunung dan suaminya saat menjalani persidangan kasus narkoba [Suara.com/Arya Manggala]

Himedik.com - Nunung yang tengah menjalani hukuman kasus narkoba meminta keringanan setelah mendengar kabar ibunya sedang menjalani pengobatan di rumah sakit. Seperti yang diketahui Ibu Nunung sedang emnderita kanker lidah yang gejalanya bisa mirip sariawan.

Karena itu, Nunung meminta keringanan hukuman kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam sidang pleidoi. Nunung mengatakan bahwa ibunya didiagnosis kanker lidah 3 minggu lalu.

"Alasannya karena saya masih punya tanggung jawab keluarga besar saya. Apalagi hari ini ibu saya masuk rumah sakit karena kanker lidah dan saya harus membiayai rumah sakit," ujar Nunung sambil terisak di hadapan hakim, Rabu (20/11/2019).

Nunung menceritakan bahwa ibunya sempat tidak ingin berobat. Hal itu karena usia ibu Nunung yang sudah 84 tahun tidak memungkinan menjalani pengobatan kemoterapi.

"Malam ini biopsi. Kalau operasi sama kemo nggak mungkin karena usianya sudah sepuh, jadi ya yang terbaik aja lah," ujar Nunung.

Seperti yang diketahui, kanker lidah termasuk jenis kanker mulut yang berkembang di sel skuamosa di permukaan lidah. Melansir dari medicalnewstoday.com, jenis kanker lidah paling umum disebut sel skuamosa.

Ilustrasi kanker lidah (shutterstock)
Ilustrasi kanker lidah (shutterstock)

Sel skuamosa adalah sel tipis yang ada di permukaan kulit dan lidah, lapisan pencernaan dan pernapasan, lapisan mulut, tenggorokan, tiroid dan laring.

Gejala utama kanker lidah adalah lidah yang sakit dan timbulnya luka di lidah. Gejala tambahan mungkin termasuk:

  1. Sakit rahan atau tenggorokan
  2. Sakit saat menelan
  3. Bercak merah atau putih di lapisan lidah
  4. Bisul lidah yang tidak sembuh
  5. Mati rasa di mulut
  6. Lidah berdarah tanpa alasan
  7. Benjolan lidah yang tidak hilang

Gejala kanker lidah mirip dengan kanker mulut lainnya, tapi seringkali tidak bisa terdiagnosis di tahap awal penyakit. Bahkan, sariawan yang tidak kunjung sembuh juga termasuk gejala kanker lidah.

Melansir dari Hello Sehat, gejala tahap awal kanker lidah sering disalahartikan sebagai sariawan. Bedanya, sariawan tanda kanker lidah tidak kunjung sembuh meski sudah diobati dengan berbagai cara.

Sariawan tanda kanker lidah juga lebih sering muncul di dasar mulut, sisi bawah lidah atau gusi di bagian gigi geraham belakang. Biasanya sariawan muncul di satu tempat dengan ukuran besar atau berkelompok banyak tapi ukuran kecil-kecil.

Terkait

Terkini