cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 19 September 2020

Selain Kanker Payudara, Ini Beberapa Penyebab Puting Terasa Sakit

Puting payudara yang sakit tidak melulu tanda kanker.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi payudara - (Shutterstock)
Ilustrasi payudara - (Shutterstock)

Himedik.com - Puting adalah daerah yang sensitif dan bisa sakit karena banyak alasan. Terkadang, setiap rasa sakit di puting dapat membuat orang bertanya-tanya apakah memiliki kanker payudara.

Dilansir dari WebMd, berikut adalah beberapa penyebab paling umum rasa sakit pada puting payudara.

1. Pakaian yang tidak pas
Kemeja atau bra yang terlalu ketat dapat menggesek puting dan mengiritasi kulit di sekitarnya, terutama dengan gerakan berulang seperti lari jarak jauh . Bahkan terlalu banyak gesekan bisa membuat puting susu Anda berdarah.

2. Periode Menstruasi
Puting dan payudara yang sakit bisa menjadi tanda bahwa menstruasi Anda akan datang. Meningkatnya kadar estrogen menyebabkan jaringan payudara membengkak. Rasa sakit biasanya akan berhenti setelah Anda mendapatkan menstruasi atau sesudahnya.

Permintaan operasi puting payudara meningkat (Shutterstock)
Permintaan operasi puting payudara meningkat (Shutterstock)

3. Iritasi
Nyeri ditambah ruam gatal dan bengkak di sekitar puting susu Anda bisa menjadi tanda-tanda iritasi kulit yang disebut dermatitis . Alergi dan iritasi di lingkungan Anda bisa menyebabkan kondisi umum ini.

4. Kanker payudara
Meskipun nyeri pada puting susu bisa menjadi tanda kondisi kanker payudara, ini jarang merupakan gejala utama. Ada beberapa gejala lain dari kanker payudara yang perlu diwaspadai, seperti puting masuk ke dalam, keluar cairan (bukan ASI), maupun benjolan di area payudara dan bawah ketiak. Jika Anda menemukan gejala tersebut, baiknya langsung periksakan ke dokter.

Terkait

Terkini