Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 06 Juli 2020

Ini Manfaat Perawatan Paliatif yang Dijalani Ria Irawan

"Ibu Ria mau diradiasi yang ke-3. Dengan dosis paliatif untuk mengurangi keluhan dan meningkatkan kualitas hidup," terang sang dokter.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ria Irawan (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Ria Irawan (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Himedik.com - Ria Irawan saat ini tengah berjuang dengan kanker kelenjar getah bening. Melalui unggahannya di Instagram, diketahui aktris senior ini baru saja menjalani terapi sinar yang termasuk ke dalam perawatan paliatif.

"Sinar ke 3. Penjelasan langsung dari dokter Ina, semoga semua yg sedang menjalankan paliatif sinar tetap semangat menyelesaikan pengobatan," tulis Ria Irawan dalam keterangan unggahan video.

Dalam video pun terdengar penjelasan sang dokter tentang tujuan terapi sinar paliatif tersebut.

"Jadi ini ceritanya ibu Ria mau diradiasi yang ke-3 kalinya dengan dosis paliatif untuk mengurangi keluhan dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Jadi yang ke tiga ini kita kasih dosis yang maksimal untuk memperbaiki keluhan-keluhan yang sudah ada," tuturnya.

Perawatan paliatif merupakan perawatan yang didapatkan pasien penderita penyakit kronis dengan stadium lanjut, tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram)

Peningkatan hidup dilakukan dengan pendekatan dari sisi psikologis, psikososial, mental serta spiritual pasien, sehingga membuat mereka lebih tenang, bahagia, dan nyaman ketika menjalani pengobatan.

Perawatan ini juga dilakukan untuk mengurangi dampak lain yang mungkin timbul karena penyakit yang diderita pasien.

Melansir Hello Sehat, dampak tersebut antara lain:

1. Gangguan fisik. Seperti nyeri, susah tidur, napas menjadi pendek, tidak napsu makan, dan sakit perut.

2. Gangguan emosi dan sosial. Mislanya merasa takut, marah, sedih, emosi yang tidak terkontrol, dan depresi.

3. Masalah finansial. Dalam perawatan ini, tim dokter harus menjelaskan seberapa besar biaya yang diperlukan untuk pengobatan sebelum dilakukan. Tak hanya itu, tim perawatan paliatif juga harus memberikan konseling terkait keuangan.

4. Masalah spiritual. Saat seseorang menderita penyakit serius, mereka harus mencari kedamaian dan ketenangan. Tim perawat akan menolong pasien untuk menemukan hal tersebut.

Terkait

Terkini