Wanita

Heboh Puteri Novitasari Operasi Hidung, Begini Prosedur Rhinoplasty

Ketahui prosedur rhinoplasty, operasi hidung yang dilakukan oleh Puteri Novitasari Ramli.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Puteri Novitasari, pramugari Garuda Indonesia yang lakukan operasi hidung (Twitter/@digeeembok)
Puteri Novitasari, pramugari Garuda Indonesia yang lakukan operasi hidung (Twitter/@digeeembok)

Himedik.com - Operasi hidung atau rhinoplasty yang dilakukan oleh pramugari Puteri Novitasi Ramli tengah menjadi sorotan di tengah ramainya kasus dugaan perselingkuhannya dengan Direktur Utama Garuda Indonesia.

Puteri Novitasari yang diduga wanita simpanan Dirut Garuda Indonesia pernah melakukan operasi hidung atau rhinoplasty dan sempat mengunggahnya di Instagram.

Foto Puteri Novitasari ketika operasi hidung pun kembali diunggah oleh akun Twitter @digeeembok. Akun tersebut memperlihatkan bagaimana perubahan Puteri sebelum hingga setelah operasi hidung.

Seperti yang diketahui, rhinoplasty atau operasi hidung bertujuan untuk memperbaiki penampilan hidung. Prosedur ini banyak dilakukan wanita untuk mengatasi masalah hidung hingga meningkatkan penampilannya.

Jika Anda salah satu orang yang ingin melakukan operasi hidung seperti Puteri, Anda perlu mengetahui fakta-fakta mengenai rhinoplasty sebelum memulainya.

Puteri Novita lakukan operasi plastik hidung (Twitter/@digeeembok)
Puteri Novita lakukan operasi plastik hidung (Twitter/@digeeembok)

Melansir dari Mayo Clinic, rhinoplasty adalah operasi yang tidak sederhana dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Apalagi hidung terletak di tengah wajah.

Hasil rhinoplasty pun tergantung pada ukuran hidung, kondisi kulit dan usia pasien. Hal paling penting adalah komunikasi antara pasien dengan ahli bedah tentang yang diinginkan dari rhinoplasty.

Perlukah rawat inap setelah operasi hidung?

Sebagian besar orang yang menjalani operasi hidung tidak perlu menjalani rawat inap di rumah sakit. Dalam kasus yang jarang terjadi, seseorang perlu rawat inap setelah operasi hidung jika mengalami mual atau masalah kesehatan lain yang harus dipantau.

Berapa lama masa pemulihan operasi hidung?

Sebenarnya orang yang menjalani operasi hidung akan membaik seiring berjalannya waktu. Tetapi, orang mungkin saja mengalami pembengkakan setelah operasi hidung.

Pembengkakan setelah operasi hidung ini bisa memakan waktu berbulan-bulan. Sehingga banyak orang memilih istirahat selama satu minggu pertama setelah operasi hidung.

Setelah seminggu, mereka bisa melakukan aktivitas seperti biasanya meskipun kondisinya masih dalam masa pemulihan.

Ilustrasi operasi hidung. [Shutterstock]
Ilustrasi operasi hidung. [Shutterstock]

Makanan dan aktivitas yang harus dihindari

Selama dua minggu sebelum dan sesudah operasi hidung juga disarankan menghindari obat-obatan yang mengandung aspirin atau ibuprofen.

Karena obat-obatan tersebut bisa meningkatkan perdarahan. Sehingga minumlah obat-obatan yang diresepkan oleh ahli bedah saja.

Jika Anda perokok, maka Anda harus berhenti merokok setelah operasi hidung. Karena merokok bisa memperlambat proses penyembuhan hidung dan meningkatkan risiko infeksi.

Berita Terkait

Berita Terkini