Rabu, 08 April 2020

Dampak Kerja Lembur, Mata Wanita Ini Selalu Berair dan Buram

Seorang wanita mengalami masalah penglihatan akibat kebiasaan kerja lembur.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mata - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi mata - (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Kebiasaan begadang karena kerja lembur tidak hanya berdampak pada serangan jantung, tetapi juga penglihatan. Seperti  wanita asal China ini yang kebiasaan kerja lembur hingga mengalami masalah penglihatan.

Wanita bernama Peng ini mengaku sering kerja lembur sampai suatu ketika penglihatannya memburuk seiring berjalannya waktu.

Suatu ketika Peng memutuskan memeriksakan masalah penglihatannya yang mulai buram pada dokter. Ia lantas bercerita bahwa matanya sering mengeluarkan cairan yang tidak seperti air mata biasa.

Dokter lantas mengatakan bahwa air mata yang keluar terus-menerus itu disebabkan oleh penumpukan cairan di bawah retina. Hal itu merupakan kondisi yang disebut pusat serous chorioretinopath.

Menurut Medical News Today dikutip dari World of Buzz, retina bertanggung jawab mengubah cahaya yang diambil dalam bentuk gambar yang bisa dipahami otak.

Ilustrasi mata (shutterstock)
Ilustrasi mata (shutterstock)

Sehingga penumpukan cairan di bawah retina bisa menyebabkan retina terlepas lalu mengakibatkan masalah penglihatan.

Dalam kasus kali ini, dokter mengatakan penumpukan cairan di bawah retina Peng disebabkan oleh kebiasannya yang bekerja berlebihan. Sehingga kebiasaannya kerja telalu keras itu menyebabkan retina terlepas.

Kondisi ini juga sering terjadi pada orang usia pertengahan 40 tahun yang merupakan salah satu penyakit retina paling umum.

Sebenarnya kondisi ini tidak memerlukan perawatan medis khusus. Pasien hanya perlu istirahat agar cairannya keluar dengan sendirinya.

Namun, obat-obatan tertentu, perawatan laser dan perubahan gaya hidup bisa membantu mengobati masalah tersebut.

Perubahan gaya hidup itu termasuk mengurangi tingkat stres, tidur minimal 7 jam setiap malam dan menghindari minuman alkohol.

Terkait

Terkini