Wanita

Buntut Operasi Pembesaran Payudara Gagal, Gadis Ini Alami Kerusakan Otak

Operasi pembesaran payudara berujung musibah.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi operasi. (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi operasi. (Pixabay/skeeze)

Himedik.com - Seorang gadis 18 tahun bernama Emmalyn Nguyen asal Colorado harus menelan kanyataan pahit. Sebab setelah operasi pembesaran payudara yang dilakukannya pada awal Agustus 2019 kemarin harus berakhir gagal.

Bahkan, selama proses operasi tersebut berlangsung, Nguyen mengalami dua kali gagal jantung dan menderita kerusakan otak setelahnya.

Keluarga Nguyen pun mengajukan gugatan kepada sang dokter, Geoffrey Kim, dan perawat anastesi dari Colorado Aesthetics and Plastic Surgery, pada Rabu (18/12/2019). Ibunya, Lynn Fam, mengatakan putrinya diketahui masih sehat-sehat saja sebelum operasi dilakukan.

Pengacara keluarga, Dabid Woodruff, menduga selama prosedur dilakukan, Nguyen ditinggalkan tanpa pengawasan selama 15 menit setelah diberi anastesi.

Nguyen pun mengalami gagal jantung dan ia dihidupkan kembali melalui CPR. Berdasarkan catatan medis, beberapa menit kemudian Nguyen kembali mengalami gagal jantung.

Dalam gugatan, yang mengatakan kejadian ini adalah diakibatkan oleh kelalaian, juga menyoroti bagaimana pihak medis gagal menghubungi 911 setelah Nguyen disebut tidak 'responsif secara neurologis'.

Emmalyn Nguyen (YouTube/CBS)
Emmalyn Nguyen (YouTube/CBS)

"Kami hanya ingin tahu apa yang terjadi sebenarnya, bagaimana faktanya, apa yang terjadi saat itu," ujar sang ibu, melansir Next Shark.

"Aku tidak menyangka insiden tersebut akan terjadi pada anak kami," sambungnya.

Ketika Fam bertanya mengapa prosedur yang seharusnya dapat selesai dalam dua jam berubah menjadi seharian, pihak medis justru mencoba membelokkan cerita tentang apa yang terjadi hari itu.

Dr. Kim juga mengatakan tim medis tidak melanjutkan prosedurnya karena tiba-tiba detak jantung Nguyen turun, tapi menyarankan sang ibu untuk tenang karena putrinya baik-baik saja.

"Dia mengatakan semuanya baik-baik saja, Emmalyn baik-baik saja. Dia muda, sehat, dia akan baik-baik saja, hanya membutuhkan waktu lama baginya untuk bangun," lanjut Fam.

Ketika akhirnya salah seorang perawat memanggil 911 psekitar pukul 19.35 malam, Nguyen langsung dilarikan ke Littleton Adventist Hospital.

Emmalyn Nguyen (YouTube/CBS)
Emmalyn Nguyen (YouTube/CBS)

Tiga minggu kemudian Nguyen dipindahkan ke pusat rehabilitasi di rumah sakit tersebut. Di sana, dia mendapat perawatan dan penanganan medis.

Sekarang, Nguyen diketahui tidak dapat berbicara, berjalan, makan atau merawat diri sendiri karena menderita 'minim kesadaran'.

Kekasih Nguyen pun patah hati melihat gadis tersebut mengalami kerusakan otak dan kondisi itu bertahan selama hidupnya.

Berita Terkait

Berita Terkini