cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Medina Zein Idap Bipolar 2, Apa yang Membedakan dengan Bipolar 1?

BIpolar 1 dan bipolar 2 diibaratkan sebagai diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Medina Zein saat menjadi pembicara di acara Saliha Community Gathering, di Hong Kong Cafe, Jakarta Pusat, (7/2/2018). (Suara.com/Dinda Rachmawati)
Medina Zein saat menjadi pembicara di acara Saliha Community Gathering, di Hong Kong Cafe, Jakarta Pusat, (7/2/2018). (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Himedik.com - Medina Zein mengakui dirinya mengidap salah satu gangguan suasana hati, yaitu bipolar disorder. Atas kondisinya ini, pasangan selebriti Zaskia Sungkar serta Irwansyah turut prihatin.

"Kan aku sempet posting, kan aku sempet sharing sama followers aku kalau aku terkena BPD (bipolar disorder) kan. Terus dia kayak WhatsApp aku, 'Di luar permasalahan ini, aku sama Irwan prihatin dan bla bla bla'. Terus kayak dia ngasih doa gitu segala macem gitu," ujar Medina Zein, saat dihubungi Senin (23/12/2019).

Medina menambahkan, bipolar yang diidapnya adalah tipe 2. Di mana tiper tersebut sama seperti yang diderita oleh Marshanda.

"Aku sudah share di Instagram. Aku kena BPD sama bipolar tipe 2, sama kayak Caca (Marshanda)," sambungnya.

Ya, gangguan bipolar memang memiliki dua subtipe utama, yaitu bipolar 1 dan bipolar 2. Ini bukti betapa bernuansanya kondisi ini sebenarnya.

Gangguan bipolar memang dapat membawa perubahan drastis dalam suasana hati, tingkat energi, dan perilaku seseorang, menurut Mayo Clinic.

Melansir Self, perbedaan utama antara bipolar 1 dan bipolar 2 adalah pada campuran gejala yang mungkin dialami penderita.

"Sebenarnya, bipolar 1 dan bipolar 2 bukanlah dua gangguan yang berbeda," kata Nassir Ghaemi, MD, MPH, profesor psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Tufts. Ia menyamakannya seperti diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Medina Zein. (Foto: @medinazein/Instagram)
Medina Zein. (Foto: @medinazein/Instagram)

Orang dengan bipolar 1 dapat mengalami:

Sedangkan orang dengan bipolar 2 dapat mengalami episode hipomanik dan episode depresi yang berlangsung setidaknya dua minggu.

Jadi, kemungkinan bipolar 1 mengalami berbagai gejala, bipolar 2 hanya melibatkan 2 gejala.

Tapi, bukan berarti Anda dapat mengatakan bipolar 2 adalah bentuk ringan dari bipolar 1. Episode manik pada bipolar 1 bisa lebih berbahaya dari hipomanik pada bipolar 2, tetapi gejala depresi bisa lebih buruk pada bipolar 2.

"Yang satu tidak lebih baik atau lebih buruk daripada yang lain. Mereka hanya berbeda."

Terkait

Terkini