Sabtu, 18 Januari 2020

Alami Cedera Patah Tulang seperti Wendy Red Velvet? Ini Lama Pemulihannya

Wendy Red Velvet mengalami cedera patah tulang bagian pergelangan tangan setelah terjatuh dari panggung setinggi 2,5 meter.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Wendy Red Velvet patah tulang (Instagram/@wendyrvsm)
Wendy Red Velvet patah tulang (Instagram/@wendyrvsm)

Himedik.com - Personel Red Velvet, Wendy terjatuh dari panggung setinggi 2,5 meter ketika gladi resik acara SBS Gayo Daejun 2019. Akibatnya, Wendy dilarikan ke rumah sakit karena mengalami patah tulang di beberapa bagian tubuh.

Wendy jatuh dari panggung yang tingginya sekitar 2,5 meter. Akibatnya dilansir dari Paper Magazine, Wendy Red Velvet mengalami cedera patah tulang di beberapa bagian, termasuk panggul dan pergelangan tangan.

Sehingga Red Velvet pun batal tampil di acara SBS Gayo Daejun 2019 karena kondisi Wendy yang tak memungkinkan. Kabarnya, Wendy membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk penyembuhan karena juga mengalami retak tulang pipi dan beberapa memar.

"Saat kejadian Wendy segera dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan menyeluruh. Dia telah menjalani perawatan darurat dan sekarang sedang menunggu pemeriksaan lainnya. Kita akan fokus pada perawatannya," jelas manajemen Red Velvet.

Cedera patah tulang seperti yang dialami Wendy Red Velvet memang membutuhkan waktu lama untuk pulih, bisa dalam hitungan minggu bahkan bulan. Lamanya waktu penyembuhan ini tergantung pada lokasi dan bentuk cedera patah tulangnya.

Wendy Red Velvet. (Twitter/@redvelfess)
Wendy Red Velvet. (Twitter/@redvelfess)

Patah tulang pergelangan tangan seperti Wendy Red Velvet ini juga disebut fraktur colles. Cedera ini bisa terjadi ketika seseorang jatuh dengan posisi lengan terlentang.

Kondisi ini bisa diatasi dengan beberapa jenis pengobatan, baik operasi maupun tanpa operasi. Melansir dari Medical News Today, jika tulang hanya sedikit keluar dari posisinya, maka dokter bisa melakukan teknik yang disebut reduksi tertutup atau tanpa operasi.

Apabila tulang sangat bergeser atau lebih dari dua fragmen, biasanya dokter memerlukan tindakan bedah untuk mengatasinya. Karena pengobatan menggunakan gips saja tidak cukup untuk memperbaiki struktur tulang.

Sementara itu, lamanya waktu penyembuhan patah tulang pergelangan tangan cukup sulit diprediksi tepatnya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan selama pemulihan patah tulang pergelangan tangan seperti yang dilansir dari WebMD.

1. Cedera patah tulang pergelangan tangan mungkin butuh 8 minggu atau lebih untuk pulih. Dalam kondisi lebih parah, pemulihan mungkin tak cukup hanya 6 bulan.

2. Seseorang yang mengalami patah tulang pergelangan tangan juga disarankan tidak terburu-buru beraktivitas, terutama olahraga. Karena kegiatan olahraga bisa membuat cedera semakin parah.

3. Setelah cedera, biasanya penderita masih merasakan ketidaknyamanan dan kaku di pergelangan tangan selama berbulan-bulan hingga tahun.

Karena itu, penting untuk memerhatikan instruksi atau aturan dari dokter. Anda juga perlu mengunjungi dokter jika rasa sakit dan bengkak terus memburuk.

Terkait

Terkini